No image available for this title

Text

KREATIVITAS SISWA SMP DALAM MENYELESAIKAN MASALAH MATEMATIKA PADA SISTEM PERSAMAAN LINEAR DUA VARIABEL



ABSTRAK KREATIVITAS SISWA SMP DALAM MENYELESAIKAN MASALAH MATEMATIKA PADA MATERI SISTEM PERSAMAAN LINEAR DUA VARIABEL KELAS VIII SMPN 6 KOTA KUPANG
Masalah pokok dalam penelitian ini yaitu bagaimana kreativitas siswa dalam menyelesaikan masalah matematika pada materi sistem persamaan linear dua variabel di kelas VIII SMPN 6 Kota Kupang. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mendeskripsikan kreativitas siswa dalam menyelesaikan masalah matematika pada meteri sistem persamaan linear dua variabel di kelas VIII SMPN 6 Kota Kupang. Jenis penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data dilakukan dengan memberi tugas pemecahan masalah (TPM) kepada siswa. Setelah mengerjakan TPM kemudian langsung dilakukan wawancara mengenai hasil pekerjaan siswa tersebut. Dalam penelitian ini digunakan 2 orang siswa yang kemampuan matematikanya relatif sama dan kominikatif. Penilaian kreativitas didasarkan pada penilaian TPM yang diselesaikan dengan tinjauan 3 indikator kreativitas yakni kefasihan, fleksibilitas, dan kebaruan. Analisis data dalam penelitian ini dilakukan dengan mereduksi data, menyajikan data, dan membuat kesimpulan. Hasil penelitian ini mengungkapkan bahwa (1) subjek pertama dalam menyelesaikan masalah matematika pada materi sistem persamaan linear dua variabel mencakup (a) kefasihan, ditunjukan dengan keberagaman jawaban masalah yang dibuat dengan benar dengan menggunakan metode yang berbeda-beda; (b) keluwesan, ditunjukan dengan menghasilkan cara lain atau berbeda dalam menyelesaikan masalah yang sudah diperoleh sebelumnya; (c) kebaruan, ditunjukkan dengan menyelesaikan masalah dengan cara baru yaitu dengan menggunakan metode gabungan subtitusi dan grafik serta metode gabungan eliminasi dan grafik. (2) subjek kedua dalam menyelesaikan masalah matematika pada materi sistem persamaan linear dua variabel mencakup (a) kefasihan, ditunjukan dengan keberagaman jawaban masalah yang dibuat dengan benar dengan menggunakan metode yang berbeda-beda; (b) ) keluwesan, tidak mampu menghasilkan cara lain yang berbeda dalam menyelesaikan masalah; (c) kebaruan, tidak mampu menghasilkan tenik/cara baru dan berlainan dalam menyelesaikan masalah. Berdasarkan hasil penelitian ini, diharapkan guru bidang studi matematika SMPN 6 Kota Kupang untuk lebih meningkatkan kemampuan kreatif matematika siswa dalam menyelesaikan masalah matematika, dengan banyak memberi soal-soal latihan khusus pada materi sistem persamaan linear dua variabel yang membutuhkan kemampuan berpikir kreatif siswa dalam menyelesaikan soal tersebut dan diharapkan bermanfaat sebagai bahan masukan dalam mengambil langkah-langkah tertentu untuk meningkatkan atau menumbuhkan kreativitas siswa dalam menyelesaikan masalah matematika.
DAFTAR ISI
HALAMAN JUDUL LEMBARAN PENGESAHAN MOTO DAN PERSEMBAHAN ..................................................................................


Ketersediaan

15/KIP/447Unika Widya MandiraTersedia namun tidak untuk dipinjamkan - Tidak di pinjamkan

Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
MAT Mum k 15
Penerbit FKIP-UNWIRA : Kupang.,
Deskripsi Fisik
vi, 65p.; bibl.; 30 cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
Matematika
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
-
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain


Lampiran Berkas



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnyaXML DetailCite this