No image available for this title

Text

PERBANDINGAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA YANG DIAJARKAN DENGAN PEMBELAJARAN COOPERATIVE SCRIPT DAN PEMBELAJARAN LANGSUNG PADA MATERI PERSEGI PANJANG DAN PERSEGI KELAS VII SEMESTER GENAP SMP SWATSA BERINGIN KUPANG TAHUN AJARAN 2014/2015



ABSTRAK
PERBANDINGAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA YANG DIAJARKAN DENGAN PEMBELAJARAN COOPERATIVE SCRIPT DAN PEMBELAJARAN LANGSUNG PADA MATERI PERSEGI PANJANG DAN PERSEGI PADA SISWA KELAS VII SMP SWASTA BERINGIN KUPANG
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbandingan prestasi belajar matematika pada siswa kelas VII SMP Swasta Beringin Kupang yang diajar menggunakan pembelajaran cooperative script dan pembelajaran langsung pada materi persegi panjang dan persegi. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas VII A yang diajar menggunakan pembelajaran cooperative script dengan jumlah siswa 30 orang dan siswa kelas VII B yang diajar menggunakan pembelajaran langsung dengan jumlah siswa 30 orang.
Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data nilai pretest dan posttest dari kelas pertama (cooperative script) dan kelas kedua (pembelajaran langsung). Data yang diperoleh dianalisis menggunakan program SPSS versi 22.0 dan analisis manual. Sebelum pengujian hipotesis, dilakukan uji prasyarat menggunakan data nilai pretest untuk melihat kesamaan kedua kelas sampel. Dari hasil analisis data diperoleh nilai Sig.(2-tailed) = dan maka terima Ho. Sehingga disimpulkan bahwa tidak ada perbedaan kemampuan awal pada kedua kelas sampel.
Data nilai posttest digunakan untuk pengujian hipotesis dengan menggunakan independent samples test. Setelah data dianalisis diperoleh nilai Sig.(1-tailed) = dan maka tolak Ho. Sehingga disimpulkan bahwa prestasi belajar siswa yang diajarkan menggunakan pembelajaran cooperative script lebih baik dari prestasi belajar siswa yang diajarkan menggunakan pembelajaran langsung pada materi persegi panjang dan persegi di kelas VII SMP Swasta Beringin Kupang tahun ajaran 2014/2015.
Hasil penelitian ini membuktikan bahwa prestasi belajar siswa yang diajar menggunakan pembelajaran cooperative script lebih baik dari prestasi belajar siswa yang diajarkan menggunakan pembelajaran langsung . Oleh karena itu peneliti menyarankan bagi para guru agar menggunakan model pembelajaran cooperative script di kelas sesuai dengan materi yang akan diajarkan.


Ketersediaan

15/KIP/445Unika Widya MandiraTersedia namun tidak untuk dipinjamkan - Tidak di pinjamkan

Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
MAT Edi p 15
Penerbit FKIP-UNWIRA : Kupang.,
Deskripsi Fisik
xii, 48p.; bibl.; illus.; 30 cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
Matematika
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
-
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain


Lampiran Berkas



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnyaXML DetailCite this