No image available for this title

Text

PERBANDINGAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA YANG DIAJARKAN DENGAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING DAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING MATERI PERSAMAAN LINEAR SATU VARIABEL PADA SISWA KELAS VII SEMESTER GENAP SMPK GIOVANNI KUPANG TAHUN AJARAN 2014/2015



ABSTRAK PERBANDINGAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA YANG DIAJARKAN DENGAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING DAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING MATERI PERSAMAAN LINEAR SATU VARIABEL PADA SISWA KELAS VII SEMESTER GENAP SMPK GIOVANNI KUPANG TAHUN AJARAN 2014/2015
Masalah utama dalam penelitian ini yaitu apakah prestasi belajar matematika siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran discovery learning lebih baik dibandingkan dengan model pembelajaran problem based learning materi persamaan linear satu variable pada siswa kelas VII semester genap SMPK Giovanni Kupang tahun ajaran 2014/2015? Untuk menjawab masalah diatas maka digunakan penelitian kuantitatif dan analisis statistik yaitu uji perbandingan rata-rata dua kelas sampel dan program SPSS 22 for windows. Tujuan dari penelitian yaitu membandingkan prestasi belajar matematika yang diajarkan dengan model pembelajaran discovery learning dan model pembelajaran problem based learning materi persamaan linear satu variabel pada siswa kelas VII semester genap SMPK Giovanni Kupang tahun ajaran 2014/2015. Hasil analisis data post test output SPSS 22 for windows diperoleh nilai sig 0.016 < 0.05 dan thitung = 2.488 > ttabel = 1.67722 sehingga Ha diterima artinya terdapat perbandingan prestasi belajar matematika yang diajarkan dengan model pembelajaran discovery learning dan model pembelajaran problem based learning materi persamaan linear satu variable pada siswa kelas VII semester genap SMPK Giovanni Kupang tahun ajaran 2014/2015. Berdasarkan hasil analisis data, hasil penelitian dan pembahasan peneliti menyimpulkan bahwa model pembelajaran discovery learning lebih baik dibandingkan dengan model pembelajaran problem based learning.
Kata kunci : Discovery learning, Problem based learning, Prestasi belajar


Ketersediaan

15/KIP/456Unika Widya MandiraTersedia namun tidak untuk dipinjamkan - Tidak di pinjamkan

Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
MAT Pad p 15
Penerbit FKIP-UNWIRA : Kupang.,
Deskripsi Fisik
xiii, 51p.; bibl.; illus.; 30 cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
Matematika
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
-
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain


Lampiran Berkas



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnyaXML DetailCite this