Detail Cantuman
Text
PERBANDINGAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA YANG DIAJARKAN DENGAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING DAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING MATERI PERSAMAAN LINEAR SATU VARIABEL PADA SISWA KELAS VII SEMESTER GENAP SMPK GIOVANNI KUPANG TAHUN AJARAN 2014/2015
ABSTRAK PERBANDINGAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA YANG DIAJARKAN DENGAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING DAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING MATERI PERSAMAAN LINEAR SATU VARIABEL PADA SISWA KELAS VII SEMESTER GENAP SMPK GIOVANNI KUPANG TAHUN AJARAN 2014/2015
Masalah utama dalam penelitian ini yaitu apakah prestasi belajar matematika siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran discovery learning lebih baik dibandingkan dengan model pembelajaran problem based learning materi persamaan linear satu variable pada siswa kelas VII semester genap SMPK Giovanni Kupang tahun ajaran 2014/2015? Untuk menjawab masalah diatas maka digunakan penelitian kuantitatif dan analisis statistik yaitu uji perbandingan rata-rata dua kelas sampel dan program SPSS 22 for windows. Tujuan dari penelitian yaitu membandingkan prestasi belajar matematika yang diajarkan dengan model pembelajaran discovery learning dan model pembelajaran problem based learning materi persamaan linear satu variabel pada siswa kelas VII semester genap SMPK Giovanni Kupang tahun ajaran 2014/2015. Hasil analisis data post test output SPSS 22 for windows diperoleh nilai sig 0.016 < 0.05 dan thitung = 2.488 > ttabel = 1.67722 sehingga Ha diterima artinya terdapat perbandingan prestasi belajar matematika yang diajarkan dengan model pembelajaran discovery learning dan model pembelajaran problem based learning materi persamaan linear satu variable pada siswa kelas VII semester genap SMPK Giovanni Kupang tahun ajaran 2014/2015. Berdasarkan hasil analisis data, hasil penelitian dan pembahasan peneliti menyimpulkan bahwa model pembelajaran discovery learning lebih baik dibandingkan dengan model pembelajaran problem based learning.
Kata kunci : Discovery learning, Problem based learning, Prestasi belajar
Ketersediaan
15/KIP/456 | Unika Widya Mandira | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - Tidak di pinjamkan |
Informasi Detil
Judul Seri |
-
|
---|---|
No. Panggil |
MAT Pad p 15
|
Penerbit | FKIP-UNWIRA : Kupang., 2015 |
Deskripsi Fisik |
xiii, 51p.; bibl.; illus.; 30 cm
|
Bahasa |
Indonesia
|
ISBN/ISSN |
-
|
Klasifikasi |
Matematika
|
Tipe Isi |
-
|
Tipe Media |
-
|
---|---|
Tipe Pembawa |
-
|
Edisi |
-
|
Subyek |
-
|
Info Detil Spesifik |
-
|
Pernyataan Tanggungjawab |
YULIATY PADAKARI
|
Versi lain/terkait
Tidak tersedia versi lain