No image available for this title

Text

PERBEDAAN PRESTASI BELAJAR SISWA YANG MENGGUNAKAN PEMBELAJARAN MATEMATIKA REALISTIK DENGAN PEMBELAJARAN KONVENSIONAL PADA MATERI SISTEM PERSAMAAN LINEAR DUA VARIABEL DI KELAS VIII SMP NEGERI 9 KUPANG TAHUN AJARAN 2014/2015



ABSTRAK

Perbedaan prestasi belajar siswa yang diajarkan menggunakan pembelajaran matematika realistik dengan pembelajaran konvensional pada materi sistem persamaan linear dua variabel di kelas VIII SMPN 9 Kupang
tahun ajaran 2014/2015


Tujuan penelitian ini yaitu untuk membuktikan signifikasi perbedaan prestasi belajar siswa yang menggunakan pendekatan pembelajaran matematika realistik dengan pembelajaran konvensional pada materi sistem persamaan linear dua variabel di kelas VIII SMPN 9 Kupang tahun ajaran 2014/2015. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen yang sesuai dengan tujuan yang hendak dicapai. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMPN 9 Kupang Pengambilan sampel dilakukakan secara random yaitu peneliti mengambil dua kelas dari populasi yang ada untuk jadikan sampel. Sehingga diambil Kelas XE yang terdiri dari 30 siswa dan kelas XJ yang terdiri dari 30 siswa. Uji persyarat analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah 1.) uji homogenitas yang menggunakan One-Way Anova, 2) uji normalitas menggunakan uji Kolmogorov-Smirnov Test sedangkan uji hipotesisnya menggunakan uji T-Test. Pengujian ini dilakukan menggunakan bantuan program SPSS 17.0 Berdasarkan hasil uji, dapat dianalisis bahwa nilai signifikan sebesar 0,001 atau 1%. Nilai tersebut lebih kecil dari α; 0,001


Ketersediaan

15/KIP/414Unika Widya MandiraTersedia namun tidak untuk dipinjamkan - Tidak di pinjamkan

Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
MAT Nul p 15
Penerbit FKIP-UNWIRA : Kupang.,
Deskripsi Fisik
xii, 112p.; bibl.; illus.; 30 cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
Matematika
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
-
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain


Lampiran Berkas



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnyaXML DetailCite this