Detail Cantuman
Text
PENGARUH MODEL DISCOVERY LEARNING TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA POKOK BAHASAN HIMPUNAN PADA SISWA KELAS VII SMP ADHYAKSA 2 KUPANG SEMESTER II TAHUN AJARAN 2014/2015
ABSTRAK
PENGARUH MODEL DISCOVERY LEARNING TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA POKOK BAHASAN HIMPUNAN PADA SISWA KELAS VII SMP ADHYKSA 2 KUPANG SEMESTER II TAHUN AJARAN 2014/2015
Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran dengn model discovery learning pokok bahasan himpunan pada siswa kelas VII SMP Adhyaksa 2 Kupang, (2) mendeskipsikan prestasi belajar matematika yang diajarkan dengn menggunakan model discovery learning pokok bahasan himpunan pada siswa kelas VII SMP Adhyaksa 2 Kupang, (3) mengetahui apakah ada pengaruh model discovery learning terhadap prestasi belajar matematika siswa kelas VII SMP Adhyaksa 2 Kupang tahun ajaran 2014/2015. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIIB yang berjumlah 23 orang Dari hasil analisis deskriptif diperoleh rata-rata skor pengamat dalam pengelolaan pembelajaran dengan model discovery learning yaitu 3,66, dan prestasi belajar matematika yang diajarkan dengan modle discovery learning diperoleh 21 siswa yang dikatakan tuntas belajarnya secara individu dan ketuntasan secara klasikal diperoleh 87,5 %. Serta dari hasil analisis statistik data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu data nilai pretest dan posttest dari kelas eksperimen dengan discovery learning. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan program SPSS versi 22.0 dan analisis manual. Sebelum pengujian hipotesis, dilakukan uji prasyarat yaitu uji normalitas untuk data pretest dan data posttest. Dari hasil analisis untuk data pretest diperoleh nilai signifikan = 0,200 dan ( ) maka H0 diterima, dengan demikian disimpulkan data berdistribusi normal. Sedangkan data posttest diperoleh diperoleh nilai signifikan = 0,200 dan ( ) maka H0 diterima, dengan demikian disimpulkan data berdistribusi normal. Pengujian hipotesis menggunakan paired sampel test, setelah data dianalisis diperoleh nilai signifikan dan ( ) , sehingga disimpulkan ada pengaruh yang signifikan model discovery learning terhadap prestasi belajar matematika siswa kelas VII SMP Adhyaksa 2 Kupang tahun ajaran 201 /2015. Hasil penelitian ini menunjukan model discovery learning berpengaruh terhadap prestasi belajar matematika. Oleh karena itu penulis menyarankan bagi para guru agar menggunakan model discovery learning pada pembelajaran di kelas sesuai dengan materi yang akan diajarkan. Kata kunci : pengaruh, model discovery learning dan prestasi belajar matematika.
Ketersediaan
15/KIP/442 | Unika Widya Mandira | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - Tidak di pinjamkan |
Informasi Detil
Judul Seri |
-
|
---|---|
No. Panggil |
MAT Iku p 15
|
Penerbit | FKIP-UNWIRA : Kupang., 2015 |
Deskripsi Fisik |
xii, 56p.; bibl.; illus.; 30 cm
|
Bahasa |
Indonesia
|
ISBN/ISSN |
-
|
Klasifikasi |
Matematika
|
Tipe Isi |
-
|
Tipe Media |
-
|
---|---|
Tipe Pembawa |
-
|
Edisi |
-
|
Subyek |
-
|
Info Detil Spesifik |
-
|
Pernyataan Tanggungjawab |
MELIANA IKU
|
Versi lain/terkait
Tidak tersedia versi lain