No image available for this title

Text

KEMAMPUAN BERPIKIR MATEMATIS SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 2 LOBALAIN SEMESTER GENAP PADA POKOK BAHASAN LINGKARAN TAHUN AJARAN 2014/2015



ABSTRAK Masalah pokok dalam penelitian ini adalah Bagaimana kemampuan berpikir matematis pokok bahasan lingkaran pada siswa kelas VIII SMP N2 Lobalain. Yang menjadi tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui kemampuan berpikir matematis siswa pokok bahasan Lingkaran tentang pada siswa kelas VIII SMP N2 Lobalain. Untuk itu, digunakan penelitian deskriptif kualitatif. Data-data dikumpulkan dengan beberapa teknik yaitu, tes penyelesaian soal, observasi, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Penelitian ini dilakukan pada siswa kelas VIII SMP N2 Lobalain tahun ajaran 2014/2015 yang berjumlah 20 orang siswa, dan menjadi subyek dalam penelitian ini adalah 3 orang siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Kemampuan siswa dalam menyelesaikan masalah matematika berbeda antara satu dengan yang lainnya. Siswa berkemampuan tinggi dan berkemampuan sedang mengalami kesulitan maka siswa tersebut akan tetap berusaha untuk bisa menyelesaikan masalahnya, sedangkan siswa berkemampuan rendah pada saat mengalami kesulitan maka siswa tersebut mudah menyerah dan tidak mau berusaha untuk bisa menyelesaikannya. 1. Siswa berkemampuan tinggi melakukan proses berpikir konseptual dalam memahami masalah, menyusun rencana penyelesaian, dan menyelesaikan masalah sesuai perencanaan. 2. Siswa berkemampuan sedang melakukan proses berpikir konseptual dalam memahami masalah, menyusun rencana penyelesaian, dan menyelesaikan masalah sesuai perencanaan. 3. Siswa berkemampuan rendah melakukan proses berpikir konseptual dan komputasional dalam memahami masalah tetapi lebih cenderung bepikir konseptual, hal ini tergantung pada tingkat kesukaran soal.


Ketersediaan

15/KIP/366Unika Widya MandiraTersedia namun tidak untuk dipinjamkan - Tidak di pinjamkan

Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
MAT Deu k 15
Penerbit Taylor & Francis Inc. : Kupang.,
Deskripsi Fisik
iii, 83p.; bibl.; illus.; 30 cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
Matematika
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
-
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain


Lampiran Berkas



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnyaXML DetailCite this