No image available for this title

Text

PENGARUH KECERDASAN LOGIS MATEMATIS DAN FASILITAS BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR SUB POKOK BAHASAN SISTEM PERSAMAAN LINEAR DUA VARIABEL PADA SISWA KELAS VIII SMPN 2 MALAKA BARAT TAHUN AJARAN 2014/2015



ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: adanya pengaruh yang signifikan dari kecerdasan logis matematis terhadap prestasi belajar matematika sub pokok bahasan sistem persamaan linear dua variabel pada siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Malaka Barat tahun ajaran 2014/2015, adanya pengaruh yang signifikan dari fasilitas belajar terhadap prestasi belajar matematika sub pokok bahasan sistem persamaan linear dua variabel pada siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Malaka Barat tahun ajaran 2014/2015, serta adanya pengaruh yang signifikan darikecerdasan logis matematis dan fasilitas belajar terhadap prestasi belajar matematika sub pokok bahasan sistem persamaan linear dua variabel pada siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Malaka Barat tahun ajaran 2014/2015
Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan teknik analisis statistik yang digunakan adalah analisis regresi sederhana dan regresi ganda. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas VIII SMP N 2 Malaka Barat dengan sampel penelitiannya terdiri atas 2 kelas yang diambil secara acak menggunakan teknik cluster random sampling (acak kelas). Teknik pengumpulan data menggunakan angket dan tes prestasi belajar matematika yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya. Sebelum melakukan analisis statistik, diadakan pengujian asumsi klasiknya terlebih dahulu yang meliputi uji normalitas, linearitas dan multikolinearitas. Analisis data yang dilakukan menggunakan program SPSS 22.0 for windows.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) ada pengaruh yang signifikan dari kecerdasan logis matematis terhadap prestasi belajar matematika sub pokok bahasan sistem persamaan linear dua variabel pada siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Malaka Barat tahun ajaran 2014/2015. Hal itu terbukti dengan adanya nilai Fhitung = 12.073 ≥ Ftabel, maka tolak H0; (2) ada pengaruh yang signifikan dari fasilitas belajar terhadap prestasi belajar matematika sub pokok bahasan sistem persamaan linear dua variabel pada siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Malaka Barat tahun ajaran 2014/2015. Hal itu terbukti dengan adanya nilai Fhitung = 9.051≥ Ftabel, maka tolak H0; (3) ada pengaruh yang signifikan dari kecerdasan logis matematis dan fasilitas belajar terhadap prestasi belajar matematika sub pokok bahasan sistem persamaan linear dua variabel pada siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Malaka Barat ajaran 2014/2015. Hal itu terbukti dengan adanya nilai Fhitung = 16.733 ≥ Ftabel = 3.17 maka tolak H0.
Adapun saran bagi pihak keluarga yaitu orang tua di rumah untuk tetap memperhatikan perkembangan anak dalam mengolah kecerdasan logis matematis dan dalam menggunakan fasilitas belajar yang terdapat di sekolah.
Bagi guru matematika, untuk tetap memperhatikan perkembangan anak dalam mengolah kecerdasan logis matematis agar tetap baik serta sebagai fasilitator dalam menciptakan suasana belajar yang menyenangkan, misalnya dengan memanfaatkan fasilitas belajar yang tersedia di sekolah.
Bagi siswa, agar dapat mengolah kecerdasan logis matematis yang ada pada dirinya dan dapat memanfaatkan fasilitas yang ada di sekolah dengan baik

















EFFECT OF MATHEMATICA


Ketersediaan

15/KIP/437Unika Widya MandiraTersedia namun tidak untuk dipinjamkan - Tidak di pinjamkan

Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
MAT Ser p 15
Penerbit FKIP UNWIRA : Yogyakarta.,
Deskripsi Fisik
xii,; 57p.; bibl.; 30 cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
MATEMATIKA
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
-
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain


Lampiran Berkas



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnyaXML DetailCite this