No image available for this title

Text

PENGARUH MODELPROBLEM BASED LEARNINGDENGAN PEMANFAATAN LKSTERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKAPOKOKBAHASAN TRIGONOMETRI KELAS XSMA SUDIRMAN KUPANG SEMESTERGENAP TAHUN AJARAN 2014/2015



ABSTRAK
PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING DENGAN PEMANFAATAN LKS TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SUB POKOK BAHASAN TRIGONOMTRI PADA SISWA KELAS X SMA SUDIRMAN KUPANG SEMESTER GENAP TAHUN
AJARAN 2014/2015
Pembelajaranmatematikadenganpendekatanbelajarpenemuanatau “problem based learning” yaitusiswalebihaktifbekerjaataumelakukankegiatanuntukmenemukankonsep, guru sebagaifasilitatorataupembimbingsehinggasiswatidakhanyamengenal, tetapijugabelajar proses menemukanmasalah yang ahkirnyamenumbuhkansikapilmiah, seperticermatatauteliti, danjujurberdasarkanfaktadanmampuberpikirrasional. Penelitianinibertujuanuntukmengetahuiapakahadapengaruh model problem based learningdengan pemanfaatan LKS terhadapprestasibelajarmatematika sub pokokbahasantrigonometrisiswakelasXKupangtahunajaran SMA SUDIRMAN 2014/2015. Metode yangdigunakandalampenelitianiniyaituexperimentdengandesainnyaone group pretest-posttest. Data yang digunakandalampenelitianiniyakni data nilaipretestdanposttestdarikelaseksperimendengan model problem based learning. Berdasarkanhasilanalisismenggunakan program SPSS versi 22.0.Sebelumpengujianhipotesis, dilakukanujiprasyaratyaituujinormalitasuntuk data pretestdan data posttest. Dari hasilanalisisuntuk data pretestdiperolehnilaisig.(2-tailed) = 0,130>0,05dan Dhitung =0,175 < Dtabel =0,269maka H0diterima, dengandemikiandisimpulkan data berdistribusi normal. Sedangkan data posttest diperolehnilaisig.(2-tailed) = 0,200>0,05 dan Dhitung = 0,132 < Dtabel = 0,269maka H0diterima, dengandemikiandisimpulkan data berdistribusi normal.Pengujianhipotesismenggunakanpaired sampel test, setelah data dianalisisdiperolehnilaisig.(2-tailed= 0,00 < 0,05)dan thitung = 28,966 > ttabel = 2,069 maka tolak H0, sehinggadisimpulkanadapengaruh yang signifikan model problem based learning dengan pemenfaatan LKSterhadapprestasibelajarmatematikasiswakelasX SMA SUDIRMANKupangtahunajaran 2014/2015. Berdasarkankesimpulandiatasmenunjukan model problem based learning dengn pemanfaatan LKSberpengaruhterhadapprestasibelajarmatematika. Olehkarenaitupenulismenyarankanbagipara guru agar menggunakan model Problem Based learningpadapembelajarandikelassesuaidenganmateri yang


Ketersediaan

15/KIP/404Unika Widya MAndiraTersedia namun tidak untuk dipinjamkan - Tidak di pinjamkan

Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
MAT Yer p 15
Penerbit FKIP-UNWIRA : Yogyakarta.,
Deskripsi Fisik
xii, 28p.; bibl.; illus.; 30 cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
Matematika
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
-
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain


Lampiran Berkas



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnyaXML DetailCite this