Detail Cantuman

Text
PENGARUH MODELPROBLEM BASED LEARNINGDENGAN PEMANFAATAN LKSTERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKAPOKOKBAHASAN TRIGONOMETRI KELAS XSMA SUDIRMAN KUPANG SEMESTERGENAP TAHUN AJARAN 2014/2015
ABSTRAK
PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING DENGAN PEMANFAATAN LKS TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SUB POKOK BAHASAN TRIGONOMTRI PADA SISWA KELAS X SMA SUDIRMAN KUPANG SEMESTER GENAP TAHUN
AJARAN 2014/2015
Pembelajaranmatematikadenganpendekatanbelajarpenemuanatau “problem based learning” yaitusiswalebihaktifbekerjaataumelakukankegiatanuntukmenemukankonsep, guru sebagaifasilitatorataupembimbingsehinggasiswatidakhanyamengenal, tetapijugabelajar proses menemukanmasalah yang ahkirnyamenumbuhkansikapilmiah, seperticermatatauteliti, danjujurberdasarkanfaktadanmampuberpikirrasional. Penelitianinibertujuanuntukmengetahuiapakahadapengaruh model problem based learningdengan pemanfaatan LKS terhadapprestasibelajarmatematika sub pokokbahasantrigonometrisiswakelasXKupangtahunajaran SMA SUDIRMAN 2014/2015. Metode yangdigunakandalampenelitianiniyaituexperimentdengandesainnyaone group pretest-posttest. Data yang digunakandalampenelitianiniyakni data nilaipretestdanposttestdarikelaseksperimendengan model problem based learning. Berdasarkanhasilanalisismenggunakan program SPSS versi 22.0.Sebelumpengujianhipotesis, dilakukanujiprasyaratyaituujinormalitasuntuk data pretestdan data posttest. Dari hasilanalisisuntuk data pretestdiperolehnilaisig.(2-tailed) = 0,130>0,05dan Dhitung =0,175 < Dtabel =0,269maka H0diterima, dengandemikiandisimpulkan data berdistribusi normal. Sedangkan data posttest diperolehnilaisig.(2-tailed) = 0,200>0,05 dan Dhitung = 0,132 < Dtabel = 0,269maka H0diterima, dengandemikiandisimpulkan data berdistribusi normal.Pengujianhipotesismenggunakanpaired sampel test, setelah data dianalisisdiperolehnilaisig.(2-tailed= 0,00 < 0,05)dan thitung = 28,966 > ttabel = 2,069 maka tolak H0, sehinggadisimpulkanadapengaruh yang signifikan model problem based learning dengan pemenfaatan LKSterhadapprestasibelajarmatematikasiswakelasX SMA SUDIRMANKupangtahunajaran 2014/2015. Berdasarkankesimpulandiatasmenunjukan model problem based learning dengn pemanfaatan LKSberpengaruhterhadapprestasibelajarmatematika. Olehkarenaitupenulismenyarankanbagipara guru agar menggunakan model Problem Based learningpadapembelajarandikelassesuaidenganmateri yang
Ketersediaan
15/KIP/404 | Unika Widya MAndira | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - Tidak di pinjamkan |
Informasi Detil
Judul Seri |
-
|
---|---|
No. Panggil |
MAT Yer p 15
|
Penerbit | FKIP-UNWIRA : Yogyakarta., 2015 |
Deskripsi Fisik |
xii, 28p.; bibl.; illus.; 30 cm
|
Bahasa |
Indonesia
|
ISBN/ISSN |
-
|
Klasifikasi |
Matematika
|
Tipe Isi |
-
|
Tipe Media |
-
|
---|---|
Tipe Pembawa |
-
|
Edisi |
-
|
Subyek |
-
|
Info Detil Spesifik |
-
|
Pernyataan Tanggungjawab |
MARIA YERLINA
|
Versi lain/terkait
Tidak tersedia versi lain