Detail Cantuman
Text
HUBUNGAN PROFESIONALISME KERJA PEGAWAI DENGAN KUALITAS PELAYANAN ADMINISTRATIF DI KANTOR CAMAT KELAPA LIMA KOTA KUPANG
ABSTRAK
Penelitian ini berjudul: “Hubungan Profesionalisme Kerja Pegawai Dengan Kualitas Pelayanan Administratif Di Kantor Camat Kelapa Lima Kota Kupang”. Buruknya profesionalisme kerja pegawai diakibatkan belum terlaksananya penyelenggaraan pelayanan publik. Oleh karena itu, pelayanan administratif harus dilaksanakan secara profesional oleh setiap pegawai dalam instansi pemerintah karena kualitas kinerja birokrasi pelayanan publik belum memiliki implikasi yang luas dalam mencapai kesejahtraan masyarakat. Tujuan dari penelitian ini adalah : Untuk mengetahui hubungan profesionalisme kerja pegawai dengan kualitas pelayanan administratif di Kantor Camat Kelapa Lima Kota Kupang.
Profesionalisme kerja pegawai dapat diartikan sebagai suatu kemampuan dan keterampilan seorang pegawai dalam melakukan pekerjaan menurut bidang dan tingkatan masing-masing, yaitu menyangkut kecocokan, antara kemampuan yang dimiliki oleh birokrasi dengan kebutuhan tugas yang merupakan sayrat terbentuknya aparatur yang profesional.Adapaun indikator-indikator daripada profesionalisme kerja pegawai : (1) Kemahiran dalam mempergunakan peralatan yang ada dalam mendukung pekerjaan yaitu proses pelayanan administratif(2) Kesiapan dalam pelaksanaan pelayanan administratif yaitu disiplin dalam memulai dan menyelesaikan pelayanan (3) Tekun dan rajin mengerjakan pekerjaan yang menjadi tanggungjawabnya (4) mentaati segala peraturan yang melandasi bidang pekerjannya (5) Sikap aparatur dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat.Pelayanan publik yang berkualitas diharapkan dapat memberikan manfaat, bukan saja bagi masyarakat yang menerima pelayanan, tetapi juga bagi organisasi atau pemerintah yang menyelenggarakan layanan. Adapun indikator-indikator untuk mengukur kualitas pelayanan antara lain: (1) Kesederhanaan Pelayanan (2) Kejelasan Pelayanan (3) Kepastian waktu (4) Kedisiplinan dan kesopanan (5) Kelengkapan sarana dan prasarana dalam pelayanan.
Penelitian ini menggunakan penelitian survei dengan tipe eksplanatif. Populasi dalam penelitian ini adalah pegawai Di Kantor Camat Kelapa Lima Kota Kupang. Sampel diambil dengan teknik purposive sampling.Teknik analisis data menggunakan analisis Korelasi product moment.
Hasil analisis data setiap variabel menunjukkan bahwa variabel profesionalisme kerja pegawai berada pada klasifikasi baik karena total nilai 466 berada diantara 421-540, variabel kualitas pelayan berada pada klasifikasi baik karena total nilai 471 berada diantara 421-540. Sedangkan analisis korelatif menunjukkan bahwa hubungan variabel profesionalisme kerja pegawai (X) dengan Kualitas Pelayanan (Y) mempunyai nilai r hitung (0,963) lebih besar dari nilai r tabel (0,468) keputusan menolak Ho dan menerima Ha.
Pegawai harus tetap mempertahankan pelayanan yang ada serta berusaha meningkatkan pelayanan yang lebih baik supaya masyarakat merasa nyaman dengan pelayanan administratif di Kantor Camat Kelapa Lima Kota Kupang
Kata kunci : Profesionalisme Kerja Pegawai dan Kualitas Pelay
Ketersediaan
15/ISIP/02 | Unika Widya Mandira | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - Tidak di pinjamkan |
Informasi Detil
Judul Seri |
-
|
---|---|
No. Panggil |
IAN Lal h 15
|
Penerbit | FISIP UNWIRA : Kupang., 2015 |
Deskripsi Fisik |
ix.; 84p.; bibl.; 30 cm
|
Bahasa |
Indonesia
|
ISBN/ISSN |
-
|
Klasifikasi |
ADMINISTRASI NEGARA
|
Tipe Isi |
-
|
Tipe Media |
-
|
---|---|
Tipe Pembawa |
-
|
Edisi |
-
|
Subyek |
-
|
Info Detil Spesifik |
-
|
Pernyataan Tanggungjawab |
GERMAN DHAE LALO
|
Versi lain/terkait
Tidak tersedia versi lain