Detail Cantuman
Text
PENGARUH KEMAMPUAN BERINTERAKSI SISWA DALAM BELAJAR KELOMPOK TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SUB POKOK BAHASAN SISTEM PERSAMAAN LINIER DUA VARIABEL (SPLDV) PADA KELAS VIII SMP KI HAJAR DEWANTORO KUPANG SEMESTER GENAP TAHUN AJARAN 2014/2015
ABSTRAK
PENGARUH KEMAMPUAN BERINTERAKSI SISWA DALAM KELOMPK TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SUB POKOK BAHASAN SISTEM PERSAMAAN LINIER DUA VARIABEL (SPLDV) PADA SISWA KELAS VIII SMP KI HAJAR DEWANTORO KUPANG TAHUN AJARAN 2014/2015
Pembelajaran matematika dengan pendekatan belajar kelompok yaitu metode mengajar yang mengatur pengajaran sedemikian rupa, yang kegiatannya melibatkan kelompok kecil pembelajaran untuk kerja sama sebagai suatu untuk memecahkan masalah, menyelesaikan tugas dalam rangka mencapai tujuan bersama. Tujuan Penelitian ini adalah “Untuk Mengetahui ada atau tidak ada Pengaruh Kemampuan Berinteraksi Siswa dalam Belajar Kelompok Terhadap Prestasi Belajar Sub Pokok Bahasan sistem Persamaan Linear Dua Variabel (SPLDV) Di SMP Ki Hajar Dewantoro Kupang Tahun Ajaran 2014/2015?’’ Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu experiment dengan desainnya one group pretest-posttest. Data yang digunakan dalam penelitian ini yakni data nilai pretest dan posttest dari kelas eksperimen dengan belajar kelompok/ keja kelompok. Berdasarkan hasil analisis menggunakan program SPSS versi 22.0. Sebelum pengujian hipotesis, dilakukan uji prasyarat yaitu uji normalitas untuk data pretest dan data posttest. Dari hasil analisis untuk data pretest diperoleh nilai sig.(2-tailed) = 0,200 > 0,05 dan Dhitung = 0,127 < Dtabel = 0,269 maka H0 diterima, dengan demikian disimpulkan data berdistribusi normal. Sedangkan data posttest diperoleh nilai sig.(2-tailed) = 0,171 > 0,05 dan Dhitung = 0,150 < Dtabel = 0,269 maka H0 diterima, dengan demikian disimpulkan data berdistribusi normal. Pengujian hipotesis menggunakan paired sampel test, setelah data dianalisis diperoleh nilai sig.(2-tailed = 0,00 < 0,05) dan thitung = 48,427 > ttabel = 2,069 maka tolak H0, sehingga disimpulkan ada pengaruh kemampuan berinteraksi siswa dalam belajar kelompok terhadap prestasi belajar matematika kelas VIII SMP Ki Hajar Dewantoro Kupang tahun ajaran 2014/2015.
Ketersediaan
15/KIP/453 | Unika Widya Mandira | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - Tidak di pinjamkan |
Informasi Detil
Judul Seri |
-
|
---|---|
No. Panggil |
MAT Kol p 15
|
Penerbit | FKIP UNWIRA : Kupang., 2015 |
Deskripsi Fisik |
xii, 25p bibl.; illus.; 30 cm
|
Bahasa |
Indonesia
|
ISBN/ISSN |
-
|
Klasifikasi |
Matematika
|
Tipe Isi |
-
|
Tipe Media |
-
|
---|---|
Tipe Pembawa |
-
|
Edisi |
-
|
Subyek |
-
|
Info Detil Spesifik |
-
|
Pernyataan Tanggungjawab |
MARIA DASILVA KOLO
|
Versi lain/terkait
Tidak tersedia versi lain