Detail Cantuman
Text
KINERJA PEGAWAI DALAM PELAYANAN PUBLIK PADA KANTOR DESA OENAEK KECAMATAN KUPANG BARAT KABUPATEN KUPANG
Skripsi Ini berjudul : “Kinerja Pegawai Dalam Pelayanan Publik Pada Kantor Desa Oenaek Kecamatan Kupang Barat Kabupaten Kupang”. Perumusan masalahnya adalah bagaimana kinerja pegawai dalam pelayanan publik. Tujuan penulis skripsi ini untuk mengetahui kinerja pegawai dalam pelayanan publik pada Kantor Desa Oenaek Kecamatan Kupang Barat Kabupaten Kupang.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dan berfokus pada beberapa indikator sebagai berikut : A). Kualitas Pelayanan (Quality of work): aspek yang diukur cepat dalam memberikan pelayanan, tepat dalam memberikan pelayanan dan keadilan dengan tidak memilih-milih dalam pelayanan. B). Komunikasi (Communication): aspek yang diukur pertukaran informasi antara sesama pegawai dan pemberian informasi terbaru kepada masyarakat. C). Kemapuan (Capability): aspek yang diukur kualitas individu, pengetahuan dan pendidikan dalam menyelesaikan tugas. D).Inisiatif (Intiative) : aspek yang diukur keinginan berusaha dan menggunakan ide-ide baru dalam menyelesaikan tugas.
Berdasarkan pada analisis data yang diperoleh dapat disimpulkan bahwa : A). Indikator Kualitas pelayanan (Quality of work). Aspek yang diukur : Cepat dalam memberikan pelayanan, Dalam memberikan pelayanan publik, pegawai/aparat desa Oenaek sudah memberikan pelayanan yang cepat kepada masyarakat yang membutuhkan karena langsung merespon/melayani kebutuhan masyarakat. Pelayanan tepat kepada masyarakat yang membutuhkan.Dalam memberikan pelayanan publik, pegawai/aparat Desa Oenaek sudah memberikan pelayananan yang tepat kepada masyarakat karena pelayanan yang diberikan sesuai dengan permintaan dari masyarakat atau yang dilayani. Keadilan dengan tidak memilih dalam pelayanan, Dalam memberikan pelayanan publik, pegawai/aparat Desa Oenaek sudah adil karena pelayanan yang diberikan merata dan tidak memilih-miih walaupun bukan keluarga atau ada faktor lain. B). Indikator Komunikasi (Communication) : Aspek yang diukur : Pertukaran informasi dengan sesama pegawai, Selalu ada pertukaran informasi antara sesama pegawai/aparat desa diantaranya adanya rapat-rapat desa dalam menjawab kebutuhan masyarakat. Pemberian informasi terbaru kepada masyarakat, Dalam hal pemberian informasi terbaru kepada masyarakat, pegawai/aparat desa mengumumkannya ditempat umum, tempat ibadah dan juga pada papan informasi. C). Indikator Kemampuan (Capability) : Aspek yang diukur yakni kualitas individu pengetahuan dan pendidikan dari pegawai dalam menyelesaikan tugasnya. Dalam menyelesaikan tugas-tugas dari masing-masing pegawai/aparat Desa Oenaek, walaupun kualitas, pendidikan dan pengetahuan yang rendah tetapi pengalaman yang dimiliki sangat membantu dalam menyelesaikan tugas-tugas. D). Indikator Inisiatif (Intiative) : Aspek yang diukur : Keinginan berusaha dalam menyelesaikan tugas, Dalam menyelesaikan tugas-tugas, masing-masing pegawai/aparat desa sudah selalu ada keinginan berusaha sebisa dan sebaik mungkin untuk menyelesaikannya. Ide-ide baru dalam menyelesaikan tugas, Dalam menyelesaikan tugas dari pegawai/aparat desa selalu bersama dalam menentukan ide untuk menyelesaikannya.
Saran yang ingin disampaikan kepada Kantor Desa Oenaek adalah : A). Indikator Kualitas pelayanan (Quality of work) : Cepat dalam memberikan pelayanan, Perlu adanya mekanisme pelayanan pada kantor desa yang jelas dan juga sarana prasarana yang memadai sehingga pelayanan yang diberikan lebih cepat kepada masyarakat. Pelayanan tepat kepada masyarakat yang membutuhkan, Berkaitan dengan pelayanan yang tepat juga perlu adanya mekanisme pelayanan yang jelas sehingga pelayanan lebih tepat kepada kebutuhan masyarakat. Keadilan dengan tidak memilih dalam pelayanan, Perlu adanya pengawasan dari kepala desa sebagai atasan sehingga pelayanan pada kantor desa Oenaek lebih adil lagi. B). Indikator Komunikasi (Communication) : Pertukaran informasi dengan sesama pegawai, Perlu pengawasan dari kepala desa agar keaktifan dari pegawai/aparat desa dalam rapat-desa lebih ditingkatkan lagi. Pemberian informasi terbaru kepada masyarakat, Dalam hal pemberian informasi terbaru kepada masyarakat sudah baik sehingga tetap dijaga dan ditingkatkan lagi. C). Indikator Kemampuan (Capability) : Untuk meningkatkan kemampuan perlu dilakukan pelatihan-pelatihan agar kemampuan dari pegawai/aparat Desa Oenaek dalam memberikan pelayanan lebih baik lagi. D). Indikator Inisiatif (Intiative) : Keinginan berusaha dalam menyelesaikan tugas, Perlu pengawasan langsung dari kepala desa dan pemilihan sekretaris desa yan baru sehingga pegawai/aparat desa selalu ingin berusaha menyelesaikan tugas-tugasnya masing-masing. Ide-ide baru dalam menyelesaikan tugas, Dalam hal menggunakan ide-ide baru dalam menyelesaikan tugas, diharapkan kepada semua pegawai/aparat desa lebih aktif lagi dalam memberikan ide-ide agar bisa menentukan ide yang tepat untuk digunakan dalam menyelesaikan tugas.
Ketersediaan
15/ISIP/11 | Unika Widya Mandira | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - Tidak di pinjamkan |
Informasi Detil
Judul Seri |
-
|
---|---|
No. Panggil |
IAN Ndu k 15
|
Penerbit | FISIP UNWIRA : Kupang., 2015 |
Deskripsi Fisik |
xii.; 51p.; bibl.; 30 cm
|
Bahasa |
Indonesia
|
ISBN/ISSN |
-
|
Klasifikasi |
ADMINISTRASI NEGARA
|
Tipe Isi |
-
|
Tipe Media |
-
|
---|---|
Tipe Pembawa |
-
|
Edisi |
-
|
Subyek |
-
|
Info Detil Spesifik |
-
|
Pernyataan Tanggungjawab |
RIO ROBINSON NDUN
|
Versi lain/terkait
Tidak tersedia versi lain