No image available for this title

Text

UJI EFEKTIVITAS PENERAPAN MODEL DISCOVERYLEARNINGDALAM PROSES PEMBELAJARAN BIOLOGI PADA MATERI POKOK SISTEM EKSKRESI PADA MANUSIA KELAS VIIIDI SMPKSANTA. FAMILIA KUPANG TAHUN AJARAN 2014/2015



ABSTRAK
Oleh : Agustina Bria Witin


Di SMPK St. Familia Kupang dilihat siswa kurang serius dalam memperhatikan penjelasan yang diberikan oleh guru dalam pembelajaran dan telah menyebabkan hasil belajar mereka rendah. Untuk mengatasinya diterapkan model Discovery Learning dalam pembelajaran. Namun apakah efektif atau tidak, maka perluh dilakukan penelitian.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui uji efektif penerapan model Discovery Learning dalam proses pembelajaran Biologi Pada Materi Pokok Sistem Ekskresi Pada Manusia kelas VIII di SMPK Santa Familia Kupang Tahun Ajaran 2014/2015. Dalam penelitian ini jenis penelitian yang digunakan adalah pra eksperimen,Teknik pengumpulan data observasi dan tes. Desain yang digunakan dalam Penelitian ini adalah One Group Pretest-Posttest Design. Teknik analisis data berupa anilisis data aktivitas siswa, analisis data hasil belajar siswa, analisis instrumen evaluasi, analisis data keterlaksanaan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran, analisis data penilaian sikap siswa, dan kriteria penilaian efektivitas..
Hasil penelitiannya adalah: (1) aktivitas siswa sangat baik dengan aktivitas paling menonjol adalah mengerjakan LKS/berdiskusi dan menulis pokok – pokok materi pembelajaran yaitu mencapai 75,85% (baik) (2) Kemampuan guru sangat baik dengan skor rata-rata 3,92 (baik) (3) Hasil belajar siswa mencapai rata-rata 89,09% (Tuntas) dan Ketuntasan klasikal mencapai 100% (4) Proporsi indikator rata-rata 0,90 (tuntas) (5) Sensitivitas butir soal 0,45 (sensitif) (6) Penilaian sikap siswa selama proses pembalajaran dengan penilaian sikap sosial rata – rata berkisar antara 77,78% – 94,45% , penilaian sikap spiritual dengan rata – rata berkisar antara 77,78% - 94,45% , dan penilaian sikap keterampilan dengan rata – rata berkisar antara 83,33% - 95,84% yang secara kualitatif menjawab tujuan pembelajaran dengan menggunakan model Discovery Learning.
Penelitian ini dapat disimpulkan bahwa model Discovery Learning efektif dalam Proses Pembelajaran Biologi Pada Materi Pokok Sistem Ekskresi Pada Manusia Kelas VIII Di SMPK. St. Familia Kupang Tahun Ajaran 2014/2015.

Kata Kunci: Efektivitas, Penerapan, Model Discovery Learning, Proses Pembelajaran Biologi, Sistem Ekskresi


Ketersediaan

15/KIP/679Unika Widya MandiraTersedia namun tidak untuk dipinjamkan - Tidak di pinjamkan

Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
BIO Wit u 15
Penerbit FKIP UNWIRA : Kupang.,
Deskripsi Fisik
xii.; 117p.; bibl.; ills.; 30 cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
Biologi
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
-
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain


Lampiran Berkas



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnyaXML DetailCite this