Detail Cantuman
Text
UJI EFEKTIVITAS PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF MELALUI PENDEKATAN TEAMS ASSISTED INDIVIDUALIZATION TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS VII PADA MATERI POKOK ORGANISASI KEHIDUPAN DI SMP MUHAMMADYAH KUPANG TAHUN AJARAN 2014/2015
ABSTRAK
Oleh
Wany Markus, Dra. Florentina Y. Sepe, M.Pd1, Lukas Seran, M.Kes2
Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam,
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan,
Universitas Katolik Widya Mandira
Jln. Jend. A. Yani no. 50-52 Kupang, 85225
Pembelajaran yang berpusat pada siswa akan menjamin bukan saja tinggi kualitas hasil belajar tapi juga tinggi kualitas proses belajar. Jika dikelola oleh guru yang berkemampuan baik. Untuk mendapatkan data yang akurat mengenai kualitas proses pembelajaran, maka perlu dilakukan penelitian.
Tujuan penelitian ini adalah Untuk mengetahui efektivitas penerapan model pembelajaran kooperatif pendekatan Teams Assisted Individualization terhadap hasil belajar siswa kelas VII pada materi pokok Organisasi Kehidupan di SMP Muhammadiyah Kupang Tahun Ajaran 2014/2015.
`Subyek dalam penelitian ini adalah kelas VII B. Desain penelitian yang digunakan adalah One Group Pretest-Postest Design. Jenis penelitian yang digunakan adalah Pra eksperimen, dan pengumpulan data dilakukan dengan observasi dan test kemudian data dianalisis dengan menggunakan teknik analisis statistik deskriptif.
Hasil analisis data menunjukkan bahwa (1) Rerata ketuntasan belajar siswa perindividu tuntas 89,47% (2) Ketuntasan klasikal tuntas 85% (3) Rerata ketuntasan indikator 0,84% (4) Sensitivitas butir soal 0,52 (5) Kemampuan guru termasuk dalam kategori baik dengan skor rata-rata 3,50 (6) Aktivitas siswa sangat baik dengan aktivitas paling menonjol adalah berdiskusi dan mengerjakan tugas-tugas dalam LKS dengan rata-rata persentase 25,11%. Reliabilitas instrumen pengelolaan pembelajaran 99%.
Kesimpulan dari penelitian ini bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif pendekatan Teams Asissted Individualization efektif terhadap hasil belajar siswa kelas VII pada materi pokok Organisasi Kehidupan di SMP Muhammadiyah Kupang tahun ajaran 2014/2015.
Kata Kunci :Efektivitas, Model Pembelajaran Kooperatif, Pendekatan Teams Asissted Individualization, Organisasi Kehidupan, Hasil belajar.
Ketersediaan
15/KIP/689 | Unika Widya Mandira | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - Tidak di pinjamkan |
Informasi Detil
Judul Seri |
-
|
---|---|
No. Panggil |
BIO Mar u 15
|
Penerbit | FKIP UNWIRA : Kupang., 2015 |
Deskripsi Fisik |
vii.; 136p.; bibl.; ills.; 30 cm
|
Bahasa |
Indonesia
|
ISBN/ISSN |
-
|
Klasifikasi |
Biologi
|
Tipe Isi |
-
|
Tipe Media |
-
|
---|---|
Tipe Pembawa |
-
|
Edisi |
-
|
Subyek |
-
|
Info Detil Spesifik |
-
|
Pernyataan Tanggungjawab |
Wany Markus
|
Versi lain/terkait
Tidak tersedia versi lain