Detail Cantuman
Text
EFEKTIFITAS PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN PttBLEM 虚ИSED二五ИttAttVG DALA婦【I預ENINGKATKAN PRESTASI BELttAR MATEMATIKA SUB POKOK BAHASAN PERSECI DAN PERSECI PAN尋ぶ S PADA SISWA KELAS VIISEMESTER GENAP SMP ADHYAKSA 2 KUPANG TAIIUNメロARAN 2014/2015
ABSTRAK
Masalah pokok dalam penelitian ini adalah apakah penggunaan model pembelajaran problem based learning efektif untuk meningkatkan prestasi belajar matematika sub pokok bahasan persegi dan persegi panjang pada siswa kelas VII SMP Adhyaksa 2 kupang tahun ajaran 2014/2015. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui efektifitas penggunaan model pembelajaran problem based learning efektif untuk meningkatkan prestasi belajar matematika sub pokok bahasan persegi dan persegi panjang pada siswa kelas VII SMP Adhyaksa 2 kupang tahun ajaran 2014/2015. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas, penelitian ini dilaksanakan dalam 3 siklus dan setiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Dalam pengumpulan data penelitian, dilakukan dengan pengamatan terhadap kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran, pengamatan terhadap aktivitas siswa, tes, angket dan wawancara. Untuk memperoleh data tentang kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran dan aktivitas siswa menggunakan lembar pengamatan yang dilakukan oleh dua orang pengamat, sedangkan data hasil belajar untuk mengetahui peningkatan prestasi belajar matematika dilakukan dengan memberi tes setiap akhir siklus. Analisis terhadap indikator keefektifan pembelajaran matematika dengan menggunakan model pembelajaran problem based learning diperoleh hasil kemampuan guru mengelola pembelajaran siklus I ke siklus III mengalami peningkatan dengan rincian siklus I bernilai 2.8, siklus II bernilai 3.15 dan siklus III bernilai 3.7, rata-rata keseluruhan masuk pada kategori baik yaitu 3.21, aktifitas siswa siklus I ke siklus III mengalami peningkatan dengan rincian siklus I bernilai 2.78, siklus II bernilai 3.14, dan siklus III bernilai 3.71, rata-rata keseluruhan masuk pada kategori baik yaitu 3.21, respon siswa terhadap pembelajaran positif yaitu 93.75%, hasil ketuntasan belajar mencapai 87.17%. Dari hasil analisis di atas, indikator keefektifan pembelajaran menunjukan hasil yang positif, maka peneliti menyimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran problem based learning dalam meningkatakan prestasi belajar matematika siswa dikategorikan efektif.
Ketersediaan
| 15/KIP/431 | Unika Widya MAndira | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - Tidak di pinjamkan |
Informasi Detil
| Judul Seri |
-
|
|---|---|
| No. Panggil |
MAT Ran e 15
|
| Penerbit | FKIP-UNWIRA : Kupang., 2015 |
| Deskripsi Fisik |
x, 107p.; bibl.; illus.; 30 cm
|
| Bahasa |
Indonesia
|
| ISBN/ISSN |
-
|
| Klasifikasi |
Matematika
|
| Tipe Isi |
-
|
| Tipe Media |
-
|
|---|---|
| Tipe Pembawa |
-
|
| Edisi |
-
|
| Subyek |
-
|
| Info Detil Spesifik |
-
|
| Pernyataan Tanggungjawab |
AGRASIA MAKSIMILIAN RANDUT
|
Versi lain/terkait
Tidak tersedia versi lain






