Detail Cantuman
Text
PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VII SMP ANGKASA KOTA KUPANG PADA SUB POKOK BAHASAN ARITMETIKA SOSIAL TAHUN AJARAN 2014/2015
ABSTRAK
PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP
PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA PADA SUB POKOK
BAHASAN ARITMATIKA SOSIAL SISWA KELAS VII SMP
ANGKASA PENFUI KUPANG TAHUN AJARAN 2014/2015
Masalah yang ditemukan dalam PPL yaitu Siswa lebih banyak menghafal rumus dan kurang aktif sehingga prestasinya rendah maka peneliti menggunakan model Problem Based Learning untuk meningkatkan prestasi belajar matematika dalam pembelajaran.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidak ada pengaruh model Problem Based Learning terhadap prestasi belajar matematika pada sub pokok bahasan Aritmatika Soaial siswa kelas VII SMP Angkasa Kota Kupang dengan jumlah siswa 29 orang.
Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen dengan desain eksperimen yaitu One-group pretest-posttest desaign. Adapun data yang diperlukan adalah nilai pretest dan posttest kelas eksperimen. Selanjutnya dilakukan uji prasyarat yaitu uji normalitas.
Data dianalisis dengan menggunakan program SPSS 22. Dalam uji hipotesis, penulis menggunakan uji perbedaan dua rata – rata dengan menggunakan Paired Sampel T-Test dengan taraf signifikan 0,05. Nilai = 17,004 dan =2,048. Karena > . hal ini menunjukan ada pengaruh Model Problem Based Learning yang signifikan Terhadap Prestasi Belajar Matematika Pada Sub Pokok Bahasan Aritmatika Sosial Siswa Kelas VII SMP Angkasa Penfui Kupang Tahun Ajaran 2014/2015.
Berdasarkan hasil penelitian ini maka penulis merekomendasi kepada guru – guru ataupun calon guru untuk dapat memilih model pembelajaran yang tepat untuk meningkatkan prestasi, percaya diri dan hubungan interpersonal positif antara satu siswa dengan siswa yang lain.
Ketersediaan
15/KIP/433 | Unika Widya Mandira | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - Tidak di pinjamkan |
Informasi Detil
Judul Seri |
-
|
---|---|
No. Panggil |
MAT Hoa p 15
|
Penerbit | FKIP-UNWIRA : Kupang., 2015 |
Deskripsi Fisik |
xii, 50p.; bibl.; illus.; 30 cm
|
Bahasa |
Indonesia
|
ISBN/ISSN |
-
|
Klasifikasi |
Matematika
|
Tipe Isi |
-
|
Tipe Media |
-
|
---|---|
Tipe Pembawa |
-
|
Edisi |
-
|
Subyek |
-
|
Info Detil Spesifik |
-
|
Pernyataan Tanggungjawab |
MELIANA HOAR
|
Versi lain/terkait
Tidak tersedia versi lain