Detail Cantuman
Text
EFEKTIFITAS PENERAPAN MODEL PEMEBLAJARAN KOOPERATIF MELALUI PENEDEKATAN NUMBERED HEADS TOGETHER ( NHT) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS VIII PADA MATERI POKOK SISTEM EKSKRESI PADA MANUSIA DI SMPS LEMBAH KELAPA KIWANGONA ADONARA TIMUR TAHUN AJARAN 2014/2015
ABSTRAK
Stefania Nugi Kerar
Stefania Nugi 1 , Dra . Sardina Ndukang , M.Pd2 , Drs . Eduardus J. Eduk,M.Pd3
Program Studi Pendidkan Biologi
Jurusan Matematika Dan Ilmu Penedidikan Alam ,
Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan ,
Universitas Widya Mandira Kupang
Jln . Jend . A. Yani no. 50-52 Kupang , 85225
Masalah yang di hadapi di sekolah SMPS Lembaha Kelapa Kiwangona Adonara Timur,khususnya pada kelas VIII-B adalah kurang aktif, malas, tidak ada konsentrasi, suka sibuk sendiri,sehingga mengakibatkan hasil belajarnya rendah. Maka dengan maslah yang ada tersebut peneliti menerapkan Model Pembelajaran Kooperatif Dengan Pendekatan Numbered Heads Together.
Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui Efektivitas Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Melalui Pendekatan Numbered Heads Together(NHT) Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VIII-B Pada Materi Pokok Sistem Ekresi Pada Manusia di SMPS Lembah Kelpa Kiwangona Adonara Timur Tahun Ajaran 2014/2015.
Jenis penelitian yang digunakan adalah pra eksperimen. Desain penelitian yang digunakan adalah One Group Pretest-Postest Design. Data yang dikumpulkan adalah dengan cara observasi dan tes hasil belajar. Data analisis yang di gunakan adalah statistik inskriptif.
Hasil penelitiannya yang di peroleh adalah: (1) Rerata ketuntasan belajar siswa perindividu dari pemberian Tes Hasil Belajar mencapai 83,70 (2) Ketuntasan klasikal 92,59% (3) Rerata proporsi indikator 0,91 (4) Sensitivitas butir soal 0,47,(5) kegiatan aktivitas siswa yang paling menonjol adalah memperhatikan penjelasan guru 19,33 (6) Reliabilitas instrumen aktivitas siswa 96,72 (7) Skor kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran 3,6 (7) Reliabilitas instrumen aktivitas guru 97,83.
Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran kooperatif pendekatan Numbered Heads Together efektif terhadap hasil belajar siswa kelas VIII pada materi pokok sistem ekskresi pada manusia di SMPS Lembah Kelapa Kiwangona Adonara Timur Tahun Ajaran 2014/2015.
Kata kunci: Efektivitas, Penerapan, Model Pembelajaran Kooperatif Pendekatan Numbered Heads Together, Hasil Belajar Siswa, Materi Pokok Sistem Ekskresi Pada Manusia.
Ketersediaan
15/KIP/558 | Unika Widya Mandira | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - Tidak di pinjamkan |
Informasi Detil
Judul Seri |
-
|
---|---|
No. Panggil |
BIO Ker e 15
|
Penerbit | FKIP UNWIRA : Kupang., 2015 |
Deskripsi Fisik |
xii.; 104p.; bibl.; ills.; 30 cm
|
Bahasa |
Indonesia
|
ISBN/ISSN |
-
|
Klasifikasi |
Biologi
|
Tipe Isi |
-
|
Tipe Media |
-
|
---|---|
Tipe Pembawa |
-
|
Edisi |
-
|
Subyek |
-
|
Info Detil Spesifik |
-
|
Pernyataan Tanggungjawab |
Stefania Nugi Kerar
|
Versi lain/terkait
Tidak tersedia versi lain