Detail Cantuman
Text
PERBANDINGAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA YANG DIAJARKAN DENGAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) DAN MODEL INQUIRY LEARNING PADA SUB POKOK BAHASAN FUNGSI KUADRAT PADA SISWA KELAS X SMA NEGERI 4 KOTA KUPANG TAHUN AJARAN 2014/2015
ABSTRAK PERBANDINGAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA YANG DIAJARKAN DENGAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) DAN MODEL INQUIRY LEARNING PADA SUB POKOK BAHASAN FUNGSI KUADRAT PADA SISWA KELAS X MIA SMA NEGERI 4 KUPANG TAHUN AJARAN 2014/2015
Problem Based Learning merupakan model yang dapat menciptakan suasana untuk mengembangkan kemampuan berfikir kritis siswa dalam memecahkan masalah matematika. Sedangkan Inquiry Learning merupakan model yang menuntut siswa untuk mencari, menyelidiki dan menemukan sendiri pengetahuan, sikap, dan keterampilan. Masalah utama dalam penelitian ini yaitu apakah prestasi belajar matematika siswa yang diajarkan dengan model PBL lebih baik dibandingkan dengan model Inquiry Learning pada sub pokok bahasan fungsi kuadrat pada siswa kelas X MIA SMA Negeri 4 Kupang tahun ajaran 2014/2015? Untuk menjawab masalah diatas maka digunakan penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian komparatif dan analisis statistik yaitu uji perbandingan rata-rata dua kelas sampel dan program SPSS 22 for windows dan analisis manual sebagai pembanding. Tujuan dari penelitian yaitu membandingkan prestasi belajar matematika yang diajarkan dengan model PBL dan model Inquiry Learning pada sub pokok bahasan fungsi kuadrat pada siswa kelas X MIA, SMA Negeri 4 Kupang tahun ajaran 2014/2015. Hasil analisis data post test output SPSS for windows diperoleh nilai sig. 0.038 < 0.05 dan thitung = 2.123 > ttabel = 1.6725 sehingga Ha diterima artinya terdapat perbandingan prestasi belajar matematika yang diajarkan dengan model PBL dan model Inquiry Learning pada sub pokok bahasan fungsi kuadrat pada siswa kelas X MIA, SMA Negeri 4 Kupang tahun ajaran 2014/2015. Berdasarkan hasil analisis data, hasil penelitian dan pembahasan peneliti menyimpulkan bahwa model PBL lebih baik dibandingkan dengan model Inquiry Learning.
Kata kunci : Model Problem Based Learning (PBL), Model Inquiry Learning, Prestasi belajar, Fungsi kuadrat
Ketersediaan
15/KIP/446 | Unika Widya Mandira | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - Tidak di pinjamkan |
Informasi Detil
Judul Seri |
-
|
---|---|
No. Panggil |
MAT Sun p 15
|
Penerbit | FKIP UNWIRA : Yogyakarta., 2015 |
Deskripsi Fisik |
x, 58p.; bibl.; illus.; 30 cm
|
Bahasa |
Indonesia
|
ISBN/ISSN |
-
|
Klasifikasi |
Matematika
|
Tipe Isi |
-
|
Tipe Media |
-
|
---|---|
Tipe Pembawa |
-
|
Edisi |
-
|
Subyek |
-
|
Info Detil Spesifik |
-
|
Pernyataan Tanggungjawab |
HELENORA SUMAA
|
Versi lain/terkait
Tidak tersedia versi lain