No image available for this title

Text

PENGARUH KEPRIBADIAN DAN KREATIVITAS TERHADAP HASIL BELAJAR KIMIA DENGAN MENERAPKAN PENDEKATAN SCIENTIFIC PADA MATERI POKOK SISTEM KOLOID SISWA KELAS XI MIA SMA NEGERI 3 KUPANG TAHUN PELAJARAN 2014/2015



ABSTRAK
PENGARUH KEPRIBADIAN DAN KREATIVITAS TERHADAP HASIL BELAJAR KIM IA DENGAN M ENERAPKAN PENDEKATAN S CIENT IFIC PADA MATERI POKOK SISTEM KOLOID SISWA KELAS XI MIA SMA NEGERI 3 KUPANG TAHUN PELAJARAN 2014/2015
Oleh : Yovita Minu, Dra. Theresia Wariani, M.Pd, Maria B. Tukan, M.Pd Kepribadian merupakan segala corak perilaku dan sifat yang khas dan dapat diperkirakan pada diri seseorang, yang digunakan untuk bereaksi dan menyesuaikan diri terhadap rangsangan, sehingga corak tingkah lakunya itu merupakan satu kesatuan fungsional yang khas bagi individu itu. Sedangkan kreativitas adalah kemampuan seseorang untuk melahirkan sesuatu yang baru, gagasan baru dan pengalaman dalam mengekspresikan dan mengaktualisasikan identitas individu dalam bentuk keterpaduan antara diri sendiri, alam dan orang lain. Pendekatan scientific adalah pendekatan pembelajaran yang berorientasi pada siswa (student centered approach), pembelajaran ini dirancang sedemikian rupa agar peserta didik mengkonstruksi konsep, hukum atau prinsip melalui tahapan-tahapan mengamati, merumuskan masalah, mengajukan atau merumuskan hipotesis, mengumpulkan data dengan berbagai teknik, menganalisis data, menarik kesimpulan, dan mengkomunikasikan konsep, hukum atau prinsip yang ditemukan. Masalah utama dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimana efektifitas pembelajaran kimia yang menerapkan pendekatan scientific pada materi pokok sistem koloid siswa kelas XI MIA SMA Negeri 3 Kupang? (2) Bagaimana kepribadian siswa kelas XI MIA SMA Negeri 3 Kupang? (3) Bagaimana kreativitas siswa kelas XI MIA SMA Negeri 3 Kupang? (4) Adakah hubungan kepribadian dan kreativitas siswa dengan hasil belajar dalam pembelajaran kimia yang menerapkan pendekatan scientific pada materi pokok sistem koloid siswa kelas XI MIA SMA Negeri 3 Kupang? (5) Adakah pengaruh kepribadian dan kreativitas siswa terhadap hasil belajar dalam pembelajaran kimia yang menerapkan pendekatan scientific pada materi pokok sistem koloid siswa kelas XI MIA SMA Negeri 3 Kupang?. Tujuan dari penelitian ini adalah: (1) untuk mendeskripsikan efektifitas pembelajaran kimia yang menerapkan pendekatan scientific pada materi pokok sistem koloid siswa kelas XI MIA SMA Negeri 3 Kupang. (2) untuk mengetahui kepribadian siswa kelas XI MIA SMA Negeri 3 Kupang. (3) untuk mengetahui kreativitas siswa kelas XI MIA SMA Negeri 3 Kupang. (4) untuk mengetahui ada tidaknya hubungan kepribadian dan kreativitas siswa dengan hasil belajar siswa dalam pembelajaran kimia yang menerapkan pendekatan scientific pada materi pokok sistem koloid siswa kelas XI MIA SMA Negeri 3 Kupang. (5) untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh kepribadian dan kreativitas siswa terhadap hasil belajar siswa dalam pembelajaran kimia yang menerapkan pendekatan scientific pada materi pokok sistem koloid siswa kelas XI MIA SMA Negeri 3 Kupang. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif dan asosiatif dengan sampel penelitian siswa/i kelas XI MIA 5 SMA Negeri 3 Kupang yang berjumlah 30 orang. Dari hasil analisis data diperoleh 1) a. kemampuan guru dalam mengelola pelaksanaan pembelajaran termasuk kategori baik dengan skor sebesar 3,73 b. Indikator instrument hasil belajar observasi sikap spiritual (KI-1) sebesar 0,86 dan instrument angket sikap spiritual sebesar 0,87. Indikator instrument hasil belajar observasi sikap sosial (KI-2) sebesar 0,89 dan instrument angket sebesar 0,86. Indikator instrument hasil belajar (KI-3) yang meliputi ketuntasan indikator soal Essay sebesar 0,79. Ketuntasan indikator keterampilan (KI-4) yang meliputi indikator psikomotor sebesar 0,89 dan indikator penilaian proses sebesar 0,87 c. Ketuntasan hasil belajar meliputi: ketuntasan hasil belajar KI-1 sebesar 90, ketuntasan hasil belajar KI-2 sebesar 92, Ketuntasan hasil belajar KI-3 sebesar 85, Ketuntasan hasil belajar KI-4 sebesar 90 dan rata- rata ketuntasan hasil belajar secara keseluruhan sebesar 87. 2) Kriteria interpretasi kepribadian siswa berada pada taraf sangat baik sebesar 89%. 3) Kriteria interpretasi kreativitas siswa berada pada taraf sangat tinggi sebesar 82%. 4)Terdapat hubungan yang signifikan antara kepribadian dengan hasil belajar siswa dengan nilai r = 0,58. 5) Terdapat hubungan yang signifikan antara kreativitas dengan hasil belajar siswa dengan nilai r = 0,38. 6) Terdapat hubungan yang signifikan antara kepribadian dan kreativitas dengan hasil belajar siswa dengan nilai r = 0,62. 7)Terdapat pengaruh yang signifikan antara kepribadian terhadap hasil belajar siswa dengan persamaan regresinya Y = 46 + 0,46X. 8) Terdapat pengaruh yang signifikan antara kreativitas terhadap hasil belajar siswa dengan persamaan regresinya Y = 64,06 + 0,38X. 9)Terdapat pengaruh yang signifikan antara kepribadian dan kreativitas terhadap hasil belajar siswa dengan persamaan regresinya Y = 39,38 + 0,36X1 + 0,19X2


Ketersediaan

15/KIP/643Unika Widya MAndiraTersedia namun tidak untuk dipinjamkan - Tidak di pinjamkan

Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
KIM Min p 15
Penerbit FKIP UNWIRA : Kupang.,
Deskripsi Fisik
xiii, 357p.; bibl.; illus.; 30 cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
Kimia
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
-
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain


Lampiran Berkas



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnyaXML DetailCite this