No image available for this title

Text

PENGARUH KONSEP DIRI DAN KEPRIBADIAN TERHADAP HASIL BELAJAR DENGAN PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD (STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION) PADA MATERI POKOK HIDROLISIS GARAM SISWA KELAS XI IPA 2 SMA KRISTEN 1 KUPANG TAHUN PELAJARAN 2014/2015



ABSTRAK PENGARUH KONSEP DIRI DAN KEPRIBADIAN TERHADAP HASIL BELAJAR PADA METERI POKOK HIDROLISIS GARAM DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD (STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISIONS) PADA SISWA KELAS XI IPA2 SMA KRISTEN KUPANG TAHUN AJARAN 2014/2015 Oleh: Paulus Arianto Dael, Vinsensia H.B. Hayon, S.Pd,MPd,Si, Yustina D. Lawung, M.Pd
Konsep Diri adalah gambaran yang dimiliki Seseorang tentang Dirinya, yang dibentuk melalui pengalaman-pengalaman yang diperoleh dari interaksi dengan lingkungan. Sedangkan Kepribadian adalah Corak atau keunikan tingkah laku dan asumsi kualitas tingkah laku Seseorang waktu bergaul dengan Orang lain serta proses penyesuaian diri dengan Lingkungan. Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD adalah model pembelajaran yang memberikan kesempatan kepada siswa untuk berinteraksi sosial dengan temannya untuk mencapai tujuan pembelajaran. Masalah utama dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimana Efektivitas penerapan model pembelajaran Kooperatif Tipe STAD pada materi pokok sistem Hidrolisis Garam siswa kelas XI IPA? (2) Bagaimana Konsep diri siswa kelas XI IPA? (3) Bagaimana kepribadian siswa kelas XI IPA? (4) (a).Adakah hubungan Konsep Diri dengan Hasil Belajar?(b). Adakah Hubungan Kepribadian dengan Hasil Belajar?(c). Adakah Hubungan Konsep Diri dan Kepribadian dengan Hasil belajar?(5) (a)Adakah pengaruh Konsep Diri terhadap hasil belajar?b). Adakah pengaruh Kepribadian terhadap hasil belajar? (c). Adakah Pengaruh Konsep Diri dan kepribadian terhadap Hasil belajar? Tujuan penelitian ini adalah untuk: (1) Mengetahui efektivitas penerapan pendekatan model pembelajaran Kooperatif Tipe STAD pada materi pokok Hidrolisis Garam siswa kelas X IPA. (2) Mengetahui Konsep Diri siswa kelas XI IPA. (3) Mengetahui Kepribadian siswa kelas XI IPA. (4) (a) Mengetahui Hubungan Konsep Diri dengan Hasil belajar.(b) Mengetahui Hubungan Kepribadian dengan Hasil Belajar.(c) Mengetahui hubungan Konsep diri dan kepribadian dengan hasil belajar. (5) (a) Mengetahui pengaruh Konsep Diri terhadap hasil belajar.(b) Mengetahui pengaruh kepribadian terhadap hasil belajar.(c) untuk mengetahui pengaruh Konsep diri dan Kepribadian terhadap hasil belajar. Jenis penelitian ini adalah penelitian Deskriptif dan Asosiatif. Dari hasil Analisis Data disimpulkan bahwa: (1) Efektivitas penerapan model pembelajaran Kooperatif tipe STAD (a) Kemampuan Guru dalam mengelola pelaksanaan pembelajaran termasuk kategori baik dengan skor rata-rata sebesar 3,88. (b) Ketuntasan indikator meliputi: ketuntasan indikator obsevasi aspek sikap Spiritual (KI 1) sebesar 0,95, Ketuntasan Indikator Angket Aspek Sikap Spiritual (KI 1) sebesar 0.96, Ketuntasan Indikator Observasi dan Angket aspek Sikap Sosial (KI 2) secara keseluruhan sebesar 0.92, Ketuntasan Indikator Aspek Pengetahuan (KI 3) adalah sebesar 0.82, Ketuntasan Indikator Aspek Psikomotor (KI 4) sebesar 0,80, Ketuntasan Indikator Presentasi (KI 4) sebesar 0,86 dan Ketuntasan Indikator Portofolio (KI 4) sebesar 0,86. (c) Ketuntasan Hasil Belajar meliputi: ketuntasan Hasil Belajar aspek sikap spiritual (KI 1) sebesar 96, Ketuntasan hasil belajar aspek sikap sosial (KI 2) sebesar 92, ketuntasan Hasil Belajar aspek pengetahuan (KI 3) sebesar 80, ketuntasan Hasil Belajar aspek keterampilan (KI 4) sebesar 86 dan Rata-rata ketuntasan hasil belajar secara keseluruhan sebesar 85. (2) Rata- rata Konsep Diri siswa sebesar 85,5. (3) Rata-rata persentase Kepribadian siswa sebesar 85,7. (4) (a) Nilai korelasi product moment konsep diri dengan hasil belajar sebesar 0.673 berada pada taraf kuat. (b) nilai korelasi product moment Kepribadian dengan hasil belajar sebesar 0.674 berada pada taraf kuat (c) Korelasi ganda konsep diri dan kepribadian dengan hasil belajar sebesar 0.78 (5) (a) Terdapat pengaruh yang signifikan antara Konsep Diri terhadap hasil belajar dimana


Ketersediaan

15/KIP/622Unika Widya MAndiraTersedia namun tidak untuk dipinjamkan - Tidak di pinjamkan

Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
KIM Dae p 15
Penerbit FKIP UNWIRA : Kupang.,
Deskripsi Fisik
xiv, 319 p.;bibl.;illus.; 30 cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
Kimia
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
-
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain


Lampiran Berkas



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnyaXML DetailCite this