No image available for this title

Text

PENGARUH KECERDASAN EMOSIONAL DAN KREATIVITAS TERHADAP HASIL BELAJAR DENGAN MENERAPKAN PENDEKATAN SCIENTIFIC MATERI POKOK REAKSI REDOKS SISWA KELAS X SMA NEGERI 6 KUPANG TAHUN AJARAN 2014/2015



ABSTRAK PENGARUH KECERDASAN EMOSIONAL DAN KREATIVITAS TERHADAP HASIL BELAJAR DENGAN MENERAPKAN PENDEKATAN SCIENTIFIC PADA MATERI POKOK REAKSI REDOKS SISWA KELAS X SMA Negeri 6 KUPANG TAHUN AJARAN 2014/2015 Yohanes M. Sapu, Vinsensia H. B. Hayon, S.Pd, M.PdSi, Maria Benedikta Tukan, M.Pd
Kecerdasan emosional adalah kemampuan seseorang untuk memotivasi diri sendiri, mengakui dan menghargai perasaannya sendiri dan perasaan orang lain serta kemampuan membina hubungan dengan orang lain. Sedangkan kreativitas adalah suatu proses mental yang dilakukan individu berupa gagasan atau produk baru.. Pendekatan scientific adalah pembelajaran yang dirancang agar siswa secara aktif mengkonstruksi konsep, hukum melalui tahap mengamati, menanya, mengumpulkan data, mengasosiasi dan mengkomunikasikan. Masalah utama dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimana efektivitas penerapan pendekatan scientific materi pokok reaksi redoks siswa kelas X?(2) Bagaimana kecerdasan emosional siswa? (3) Bagaimana kreativitas siswa kelas X? (4) (a).Adakah hubungan kecerdasan emosional dengan hasil belajar?(b). Adakah hubungan kreativitas dengan hasil belajar?(c). Adakah hubungan kecerdasan emosional dan kreativitasdengan hasil belajar? (5) (a)Adakah pengaruh kecerdasan emosional terhadap hasil belajar ? b). Adakah pengaruh kreativitas terhadap hasil belajar? (c). Adakah pengaruh kecerdasan emosional dan kreativitas? Tujuan penelitian ini adalah untuk: (1) Mengetahui efektivitas penerapan pendekatan Scientific pada materi pokok reaksi redoks siswa kelas X. (2) Mengetahui kecerdasan emosional siswa kelas X. (3) Mengetahui kreativitas siswa kelas X. (4) Mengetahui ada tidaknya hubungan kecerdasan emosional dan kreativitas dengan hasil belajar yang menerapkan pendekatan Scientific pada materi pokok reaksi redoks siswa kelas X. (5) Mengetahui ada tidaknya pengaruh kecerdasan emosional dan kreativitas terhadap hasil belajar yang menerapkan pendekatan Scientific pada materi pokok reaksi redoks siswa kelas X. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif dan asosiatif. Dari hasil analisis data disimpulkan bahwa: (1) Efektivitas penerapan pendekatan scientific (a) kemampuan guru dalam mengelola pelaksanaan pembelajaran termasuk kategori baik dengan skor rata-rata sebesar 3.82. (b) Ketuntasan indikator meliputi: ketuntasan indikator obsevasi aspek sikap spiritual (KI 1) sebesar 0.75, ketuntasan indikator angket aspek sikap spiritual (KI 1) sebesar 0.82, ketuntasan indikator observasi aspek sikap sosial (KI 2) sebesar 0.77 dan ketuntasan indikator angket sikap sosial (KI 2) sebesar 0.81, ketuntasan indikator aspek pengetahuan (KI 3) adalah sebesar 0.93, ketuntasan indikator aspek keterampilan (KI 4) sebesar 0.85. (c) Ketuntasan hasil belajar meliputi: ketuntasan hasil belajar aspek sikap spiritual (KI 1) sebesar 87,96, Ketuntasan hasil belajar aspek sikap sosial (KI 2) sebesar 84,32, ketuntasan hasil belajar aspek pengetahuan (KI 3) sebesar 81,20 dan ketuntasan hasil belajar aspek keterampilan (KI 4) sebesar 91,03. (2) Rata- rata persentase kecerdasan emosional siswa sebesar 83. (3) Rata- rata persentase kreativitas siswa sebesar 83. (4) (a) Nilai korelasi kecerdasan emosional dengan hasil belajar sebesar 0.89 berada pada taraf cukup kuat. (b) nilai korelasi kreativitas dengan hasil belajar sebesar 0.90 berada pada taraf cukup kuat (c) Korelasi ganda kecerdasan emosional dan kreativitas dengan hasil belajar sebesar 0.92 berada pada taraf cukup kuat (6) (a) Terdapat pengaruh antara kecerdasan emosional terhadap hasil belajar dimana nilai


Ketersediaan

15/KIP 616Unika Widya MandiraTersedia namun tidak untuk dipinjamkan - Tidak di pinjamkan

Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
KIM Sap p 15
Penerbit FKIP UNWIRA : Kupang.,
Deskripsi Fisik
xv, 152p.; bibl.; 30 cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
Kimia
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
-
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain


Lampiran Berkas



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnyaXML DetailCite this