Detail Cantuman
Text
PENGARUH BERPIKIR POSITIF DAN KECERDASAN EMOSIONAL TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI POKOK LARUTAN PENYANGGA DENGAN MENERAPKAN PENDEKATAN SCIENTIFIC SISWA KELAS XI MIA 1 SMA NEGERI 5 KUPANG TAHUN AJARAN 2014 / 2015
ABSTRAK
PENGARUH BERPIKIR POSITIF DAN KECERDASAN EMOSIONAL TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI POKOK LARUTAN PENYANGGA DENGAN MENERAPKAN PENDEKATAN SCIENTIFIC SISWA KELAS XI MIA 1 SMA NEGERI 5 KUPANG TAHUN AJARAN 2014 / 2015
Osti Sinurat *, Vinsensia H. B. Hayon, S.Pd, M.Pd.Si**, Yanti Rosinda Tinenti, S.Pd, M.Pd***.
Pendekatan scientific adalah memberi pengalaman kepada peserta didik untuk memperoleh pengetahuan berdasarkan metode ilmiah secara mandiri.Berpikir positif merupakan sikap mental yang melibatkan proses masuknya pikiran, kata, gambaran yang membangun bagi perkembangan kita . Kecerdasan emosional adalah kemampuan untuk mengenali perasaan kita sendiri dan perasaan orang lain, kemampuan memotivasi diri-sendiri, dan kemampuan mengelola emosi dengan baik pada diri sendiri dan dalam hubungan dengan orang lain.
Masalah dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimana efektifitas pembelajaran dengan menggunakan pendekatan scientific pada materi pokok larutan penyangga siswa kelas XI MIA SMAN 5 Kupang, tahun ajaran 2014 / 2015 ? (2) Adakah hubungan antara berpikir positif dan kecerdasan emosional dengan hasil belajar siswa kelas XI IPA 1 SMA Negeri 5 Kupang? (3) Adakah pengaruh antara berpikir positif dan kecerdasan emosional terhadap hasil belajar siswa kelas XI IPA 1 SMA Negeri 5 Kupang?
Tujuan dalam penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui efektifitas pembelajaran dengan menggunakan pendekatan scientific pada materi pokok larutan penyangga siswa kelas XI MIA SMAN 5 Kupang, tahun ajaran 2014 / 2015 ? (2) untuk mengetahui hubungan antara berpikir positif dan kecerdasan emosional dengan hasil belajar siswa kelas XI IPA 1 SMA Negeri 5 Kupang? (3) untuk mengetahui pengaruh antara berpikir positif dan kecerdasan emosional terhadap hasil belajar siswa kelas XI IPA 1 SMA Negeri 5 Kupang? Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif-asosiatif dengan sampel penelitian siswa kelas XI MIA SMA Negeri 5 Kupang yang berjumlah 30 orang.
Dari hasil analisis deskriptif diperoleh bahwa kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran yang menerapkan pendekatan scientific termasuk dalam kategori baik dengan skor 3,78 Ketuntasan indikator hasil belajar dengan menerapkan pendekatan scientific adalah tuntas dengan rincian sebagai berikut KI 1 untuk angket dengan skor 0,86, observasi 0,85. KI 2 untuk angket dengan skor 0,85, observasi 0,86. KI 3 0,85 dan KI 4 Psikomotor = 0,94, presentase = 0,90 portofolio = 0,89. Rata –rata ketuntasan hasil belajar untuk KI 1 = 83,43, KI 2 = 85,8 , KI 3 = 88,33, KI 4 = 91,46 . Hubungan berpikir positif terhadap hasil belajar berada pada interpretasi skor sangat kuat yaitu 66,84 %. Hubungan kecerdasan emosional terhadap hasil belajar siswa berada pada interpretasi skor yaitu 32,65 %. Hubungan berpikir positif dan kecerdasan emosional terhadap hasil belajar berada pada interpretasi skor sangat kuat yaitu 67,24 %.
Berdasarkan hasil perhitungan analisis maka 1) ada hubungan yang signifikan antara berpikir positif dengan hasil belajar dengan r_x1y=0,822 ada hubungan yang signifikan antara kecerdasan emosional dengan hasil belajar r_x2y=0,57. Ada hubungan yang signifikan antara positif dan kecerdasan emosional dengan hasil belajar R_(X1.X2.Y)=0,82. 2) ada pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar Y=8+0.96x. ada pengaruh yang signifikan antara kecerdasan emosional terhadap hasil belajar Y=47,05+0,46x . ada pengarih yang signifikan antara berpikir positif dan kecerdasan emosional terhadap hasil belajar Y= 4,03 + 0.92X1 + 0.049 X2.
Ketersediaan
15/KIP/633 | Unika Widya Mandira | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - Tidak di pinjamkan |
Informasi Detil
Judul Seri |
-
|
---|---|
No. Panggil |
KIM Sin p 15
|
Penerbit | FKIP UNWIRA : Kupang., 2015 |
Deskripsi Fisik |
xiii.; 177p.; bibl.; ills.; 30cm
|
Bahasa |
Indonesia
|
ISBN/ISSN |
-
|
Klasifikasi |
KIMIA
|
Tipe Isi |
-
|
Tipe Media |
-
|
---|---|
Tipe Pembawa |
-
|
Edisi |
-
|
Subyek |
-
|
Info Detil Spesifik |
-
|
Pernyataan Tanggungjawab |
Osti Sinurat
|
Versi lain/terkait
Tidak tersedia versi lain