Detail Cantuman
Text
PENGARUH LINGKUNGAN KELUARGA TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA MELALUI PENERAPAN PENDEKATAN DISCOVERY LEARNING MATERI POKOK IKATAN KIMIA KELAS XMIA 5 SMA NEGERI 3 KUPANG TAHUN AJARAN 2014/2015
ABSTRAK
PENGARUH LINGKUNGAN KELUARGA TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA MELALUI PENERAPAN PENDEKATAN DISCOVERY LEARNING MATERI POKOK IKATAN KIMIA KELAS XMIA 5 SMA NEGERI 3 KUPANG TAHUN AJARAN 2014-2015
Oleh Angelina Tute, Dra Theresia Wariani M.Pd, Yanti Rosinda Tinenti, M.Pd
Pendekatan pembelajaran yang menekankan siswa untuk sungguh-sungguh terlibat dalam masalah yang ditemukan, sehingga menemukan prinsip-prinsip atau jawaban lewat suatu percobaan. Pembelajaran discovery adalah pendekatan kognitif dalam pembelajaran dimana guru menciptakan situasi sehingga siswa dapat belajar sendiri. Masalah dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimana efektivitas pembelajaran melalui pendekatan Discovery Learning terhadap hasil belajar siswa kelas X MIA 5 SMA Negeri 3 Kupang? (2) Bagimana lingkungan keluarga siswa kelas X MIA 5 SMA Negeri 3 Kupang? (3) Adakah hubungan lingkungan keluarga terhadap hasil belajar siswa melalui penerapan pendekatan pembelajaran Discovery Learning materi pokok ikatan kimia siswa kelas X MIA 5 SMA Negeri 3 Kupang? (4) Adakah pengaruh lingkungan keluarga terhadap hasil belajar siswa melalui penerapan pendekatan pembelajaran Discovery Learning materi pokok ikatan kimia siswa kelas X MIA 5 SMA Negeri 3 Kupang? . Berdasarkan rumusan masalah di atas, maka yang menjadi tujuan penelitian ini adalah: (1) Mendeskripsikan efektivitas penerapan pendekatan pembelajaran Discovery Learning pada siswa kelas X MIA 5 SMA Negeri 3 Kupang. (2) Mengetahui limgkungan keluarga siswa dalam menerapkan pendekatan pembelajaran Discovery Learning terhadap hasil belajar pada siswa kelas X MIA 5 SMA Negeri 3 Kupang (3) Mengetahui ada tidaknya hubungan lingkungan keluarga terhadap hasil belajar siswa melalui penerapan pendekatan pembelajaran Discovery Learning materi pokok ikatan kimia pada siswa kelas X MIA 5 SMA Negeri 3 Kupang (4) Mengetahui ada tidaknya pengaruh lingkungan keluarga terhadap hasil belajar siswa melalui penerapan pendekatan pembelajaran Discovery Learning materi pokok ikatan kimia pada siswa kelas X MIA 5 SMA Negeri 3 Kupang. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif asosiatif dengan sampel penelitian siswa/i kelas X MIA 5 SMA Negeri 3 Kupang yang berjumlah 40 orang. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar pengamatan pengelolaan pelaksanaan pembelajaran yang menerapkan pendekatan Discovery Learning, lembar angket dan observasi untuk sikap spiritual, lembar angket dan observasi untuk sikap sosial, Tes Hasil Belajar (THB), lembar pengamatan praktikum dan rubrik, lembar penilaian presentasi dan rubrik, lembar penilaian portofolio dan rubrik, dan lembaran angket lingkungan keluarga. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif dan analisis statistik. Dari hasil analisis deskriptif diperoleh bahwa kemampuan guru dalam mengelola pelaksanaan pembelajaran yang menerapkan pendekatan Discovery Learning termasuk dalam kategori baik dengan skor rata-rata 3,62. Ketuntasaan indikator hasil belajar dengan menerapkan pendekatan Discovery Learning adalah tuntas, dengan rincian untuk keempat aspek: aspek KI 1 dengan skor rata-rata 85,2, aspek KI 2 dengan skor rata-rata 83, aspek KI 3 dengan skor rata-rata 79 dan aspek KI 4 dengan skor rata-rata 88,04. Ketuntasaan hasil belajar dengan menerapkan pendekatan Discovery Learning adalah tuntas, dengan rincian untuk keempat aspek: aspek spiritual tuntas dengan skor rata-rata 85,6, aspek sosial tuntas dengan skor rata-rata 81,8, aspek kognitif tuntas dengan skor rata-rata 86,82, dan aspek psikomotor tuntas dengan skor rata-rata 88,18. Lingkungan keluarga siswa terhadap kegiatan pembelajaran berada pada interprestasi skor baik yaitu 73,58%. Terdapat hubungan yang signifikan antara lingkungan keluarga dan hasil belajar yaitu 62,41%, serta terdapat pengaruh yang signifikan antara lingkungan keluarga dan hasil belajar yaitu 38.
Dari uraian di atas, maka dapat disimpulkan bahwa penerapan Discovery Learning baik untuk diterapkan pada siswa kelas XMIA 5 SMA Negeri 3 Kupang materi pokok ikatan kimia.
Ketersediaan
| 15/KIP/619 | Unika Widya MAndira | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - Tidak di pinjamkan |
Informasi Detil
| Judul Seri |
-
|
|---|---|
| No. Panggil |
KIM Tut p 15
|
| Penerbit | FKIP UNWIRA : Kupang., 2015 |
| Deskripsi Fisik |
x.; 180p.; bibl.; ills.; 30 cm
|
| Bahasa |
Indonesia
|
| ISBN/ISSN |
-
|
| Klasifikasi |
KIMIA
|
| Tipe Isi |
-
|
| Tipe Media |
-
|
|---|---|
| Tipe Pembawa |
-
|
| Edisi |
-
|
| Subyek |
-
|
| Info Detil Spesifik |
-
|
| Pernyataan Tanggungjawab |
Angelina Tute
|
Versi lain/terkait
Tidak tersedia versi lain






