No image available for this title

Text

PENGARUH KEPERCAYAAN DIRI TERHADAP HASIL BELAJAR KIMIA DENGAN MENERAPKAN PENDEKATAN SCIENTIFIC MATERI POKOK IKATAN KIMIA PADA SISWA KELAS X MIA2 SMA NEGERI 5 KUPANG TAHUN PELAJARAN 2014 / 2015



ABSTRAK PENGARUH KEPERCAYAAN DIRI TERHADAP HASIL BELAJAR KIMIA MATERI POKOK IKATAN KIMIA MELALUI PENDEKATAN PEMBELAJARAN SCIENTIFIC PADA SISWA KELAS X MIA2 SMA NEGERI 5 KUPANG TAHUN PELAJARAN 2014/2015 Oleh Lince Mariana Rinu, Vinsensia H.B.Hayon, S.Pd, M.PdSi, Yanti Rosinda Tinenti, M.Pd
Kepercayaan diri merupakan keyakinan seseorang akan kemampuan yang dimiliki untuk mencapai target tertentu. Pendekatan pembelajaran scientific merupakan suatu pendekatan dimana siswa secara aktif mengonstruk konsep, hukum atau prinsip melalui tahapan-tahapan mengamati, menanya, mengumpulkan data, mengasosiasi, mengkomunikasikan, dan menilai, dengan maksud agar menyusun pengetahuan mereka sendiri. Masalah dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimana efektifitas penerapan pendekatan scientific terhadap hasil belajar siswa pada materi pokok ikatan kimia pada siswa kelas X MIA2 semester ganjil SMA Negeri 5 Kupang? (2) Bagaimana kepercayaan diri siswa terhadap hasil belajar pada siswa kelas X MIA2 SMA Negeri 5 Kupang Tahun Ajaran 2014/2015? (3) Adakah hubungan kepercayaan diri dalam proses pembelajaran melalui penerapan pendekatan scientific terhadap hasil belajar kimia materi pokok ikatan kimia siswa kelas X MIA2 SMA Negeri 5 Kupang Tahun Pelajaran 2014/2015? (4) Adakah pengaruh kepercayaan diri terhadap hasil belajar kimia melalui penerapan pendekatan scientific pada materi ikatan kimia pada siswa kelas X MIA2 SMA Negeri 5 Kupang Tahun Pelajaran 2014/2015? Berdasarkan rumusan masalah, maka tujuan yang hendak dicapai dalam penelitian ini adalah (1) mengetahui efektivitas penerapan pendekatan pembelajaran scientific terhadap hasil belajar pada materi pokok ikatan kimia siswa kelas X MIA2 SMA Negeri 5 kupang tahun pelajaran 2014/2015, (2) mengetahui kepercayaan diri siswa melalui pendekatan scientific kelas X MIA2 SMA Negeri 5 Kupang Tahun Ajaran 2014/2015, (3) mengetahui hubungan kepercayaan diri dalam proses pembelajaran melalui pendekatan scientific terhadap hasil belajar siswa materi ikatan kimia pada siswa kelas X MIA2 semester ganjil SMA Negeri 5 Kupang Tahun Ajaran 2014/2015, (4) mengetahui pengaruh kepercayaan diri terhadap hasil belajar kimia melalui penerapan pendekatan scientific materi ikatan kimia pada siswa kelas X MIA2 SMA Negeri 5 Kupang Tahun pelajaran 2014/2015. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif - asosiatif dengan sampel penelitian siswa/i kelas X MIA2 SMA Negeri 5 Kupang yang berjumlah 25 orang. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran, lembar observasi dan lembar angket aspek spiritual (KI-1), lembar observasi dan lembar angket aspek sosial (KI-2), lembar kisi-kisi diskusi, kuis, tugas rumah, dan lembar kisi-kisi tes hasil belajar pilihan ganda dan tes hasil belajar essay (aspek pengetahuan atau KI-3), lembar penilaian praktek, lembar penilaian portofolio (aspek keterampilan atau KI-4) dan lembar angket kepercayaan diri siswa. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif dan analisis statistik. Dari hasil analisis data disimpulkan bahwa: Efektifitas penerapan pendekatan scientific materi pokok ikatan kimia pada siswa kelas X MIA2 SMA Negeri 5 kupang tahun Pelajaran 2014/2015 yaitu: (1) Kemampuan guru dalam mengelola pelaksanaan pembelajaran termasuk kategori baik dengan skor sebesar 3,50. (2) Ketuntasan IHB (Indikator Hasil Belajar) obsevasi aspek spiritual (KI-1) sebesar 0,83 dan angket aspek spiritual sebesar 0,82. Ketuntasan IHB observasi aspek sosial (KI-2) sebesar 0,82 dan ketuntasan IHB angket aspek sosial sebesar 0,80. Sedangkan ketuntasan IHB aspek pengetahuan (KI-3) yang meliputi ketuntasan indikator diskusi sebesar 0,79, ketuntasan indikator kuis sebesar 0,89, ketuntasan indikator tugas rumah sebesar 0,80, ketuntasan IHB pilihan ganda sebesar 0,80 dan ketuntasan IHB essay 0,87. Ketuntasan indikator aspek keterampilan (KI-4) yang meliputi indikator praktek sebesar 0,78 dan indikator portofolio sebesar 0,88. Ketuntasan hasil belajar meliputi: (1) ketuntasan hasil belajar aspek spiritual (KI-1) sebesar 83,72, (2) Ketuntasan hasil belajar aspek sosial (KI-2) sebesar 78,48, (3) Ketuntasan hasil belajar pengetahuan (KI-3) sebesar 79, (4) Ketuntasan hasil belajar aspek keterampilan (KI-4) sebesar 78,28 dan (5) Rata-rata ketuntasan hasil belajar secara keseluruhan sebesar 81,24. Rata- rata kepercayaan diri siswa adalah 85,08 berada pada klasifikasi rata-rata (normal), sedangkan kriteria interpretasi kepercayaan diri siswa terhadap hasil belajar berada pada taraf kuat sebesar 4,08 dengan kategori baik. Terdapat hubungan yang cukup kuat antara kepercayaan diri siswa terhadap hasil belajar siswa dimana t hitung ≥ t tabel dengan t hitung = 4,146 dan t tabel = 0,413, maka Ha diterima dan H0 ditolak. (8) Terdapat pengaruh antara kepercayaan diri siswa terhadap hasil belajar siswa dimana nilai F hitung ≥ F tabel atau 5,439 ≥ 4,26. Dari uraian di atas, maka dapat disimpulkan bahwa pendekatan scientific baik untuk diterapkan pada siswa kelas X MIA2 SMA Negeri 5 Kupang materi pokok ikatan kimia


Ketersediaan

15/KIP/629Unika Widya MandiraTersedia namun tidak untuk dipinjamkan - Tidak di pinjamkan

Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
KIM Rin p 15
Penerbit FKIP UNWIRA : Kupang.,
Deskripsi Fisik
xv, 315p.; bibl.; illus.; 30 cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
Kimia
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
-
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain


Lampiran Berkas



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnyaXML DetailCite this