Detail Cantuman
Text
PENGARUH CARA BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA MELALUI PENDEKATAN PEMBELAJARAN SCIENTIFIC MATERI POKOK IKATAN KIMIA PADA SISWA KELAS X MIA 1 SMA NEGERI 5 KUPANG TAHUN AJARAN 2014/2015
ABSTRAK
PENGARUH CARA BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA MELALUI PENDEKATAN PEMBELAJARAN SCIENTIFIC MATERI POKOK IKATAN KIMIA PADA SISWA KELAS X MIA 1 SMA NEGERI 5 KUPANG TAHUN AJARAN 2014/2015
Oleh: Vinsensia Jenian, Dra. Theresia Wariani, M.Pd, Faderina Komisia, M.Pd
Cara belajar merupakan kegiatan- kegiatan yang dilaksanakan siswa pada situasi belajar tertentu, kegiatan-kegiatan tersebut merupakan pencerminan usaha belajar yang dilakukannya. Pembelajaran scientific merupakan pembelajaran yang mengadopsi langkah-langkah saintis dalam membangun pengetahuan melalui tahapan-tahapan mengamati, menanya,mengumpulkan data, mengasosiasi, mengkomunikasikan, dan menilai dengan maksud agar menyusun pengetahuan mereka sendiri. Masalah dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimana efektifitas penerapan pendekatan pembelajaran scientific pada materi pokok ikatan kimia terhadap hasil belajar pada siswa kelas X MIA 1 SMA Negeri 5 Kupang? (2) Bagaimana cara belajar siswa kelas X MIA 1 SMA Negeri 5 Kupang? (3) Adakah hubungan antara cara belajar siswa terhadap hasil belajar kimia pada materi pokok ikatan kimia dengan menerapkan pendekatan pembelajaran scientific pada siswa kelas X MIA 1 SMA Negeri Kupang? (4) Adakah pengaruh cara belajar siswa terhadap hasil belajar pada materi pokok ikatan kimia dengan menerapkan pendekatan pembelajaran scientific pada siswa kelas X MIA 1 SMA Negeri 5 Kupang?. Berdasarkan rumusan masalah di atas, maka tujuan yang hendak dicapai dalam penelitian ini adalah: (1) Untuk mengetahui efektifitas penerapan pendekatan pembelajaran scientific pada materi pokok ikatan kimia terhadap hasil belajar pada siswa kelas X MIA 1 SMA Negeri 5 Kupang. (2) Untuk mengetahui cara belajar siswa kelas X MIA 1 SMA Negeri 5 Kupang. (3) Untuk mengetahui ada tidaknya hubungan antara cara belajar siswa terhadap hasil belajar pada materi ikatan kimia dengan menerapkan pendekatan pembelajaran scientific pada siswa kelas X MIA 1 SMA Negeri 5 Kupang. (4) Untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh cara belajar siswa terhadap hasil belajar pada materi ikatan kimia dengan menerapkan pendekatan pembelajaran scientific pada siswa kelas X MIA 1 SMA Negeri 5 Kupang. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif - asosiatif dengan sampel penelitian siswa/i kelas X MIA 1 SMAN 5 Kupang yang berjumlah 30 orang. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran, lembar observasi dan lembar angket aspek spiritual (KI-1), lembar observasi dan lembar angket aspek sosial (KI-2), lembar kisi-kisi diskusi, kuis, tugas rumah, dan lembar kisi-kisi tes hasil belajar pilihan ganda dan tes hasil belajar essay (aspek pengetahuan atau KI-3), lembar penilaian praktek, lembar penilaian portofolio (aspek keterampilan atau KI-4) dan lembar angket cara belajar siswa. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif dan analisis statistik. Dari hasil analisis data disimpulkan bahwa: (1) Efektifitas penerapan pendekatan pembelajaran scientific pada materi pokok ikatan kimia terhadap hasil belajar pada siswa kelas X MIA 1 SMA Negeri 5 Kupang yaitu: (a) Kemampuan guru dalam mengelola pelaksanaan pembelajaran termasuk kategori baik dengan skor sebesar 3,57. (b) Ketuntasan IHB yaitu: indikator hasil belajar observasi sikap spiritual (KI- 1) sebesar 0,9 dan angket sikap spiritual sebesar 0,86. Indikator hasil belajar observasi sikap sosial (KI-2) sebesar 0,93 dan angket sebesar 0,90. Sedangkan indikator hasil belajar (KI-3) yang meliputi ketuntasan indikator diskusi sebesar 0,86, ketuntasan indikator kuis sebesar 0,84, ketuntasan indikator tugas rumah sebesar 0,95, ketuntasan indikator hasil belajar (IHB), masing-masing ketuntasan IHB soal pilihan ganda sebesar 0,87 dan soal essay 0,92. Ketuntasan indikator keterampilan (KI-4) yang meliputi indikator praktek sebesar 0,88, indikator presentase sebesar 0,83 dan indikator portofolio sebesar 0,83. (c) Ketuntasan hasil belajar meliputi: ketuntasan hasil belajar KI-1 sebesar 89, Ketuntasan hasil belajar KI-2 sebesar 92, Ketuntasan hasil belajar KI-3 sebesar 89, Ketuntasan hasil belajar KI-4 sebesar 86. (d) Rata-rata ketuntasan hasil belajar secara keseluruhan sebesar 88. (2) Cara belajar siswa kelas X MIA 1 SMA N 5 Kupang sangat baik, dengan rata-rata persentase siswa sebesar 87%, (3) Terdapat hubungan yang cukup kuat antara cara belajar siswa terhadap hasil belajar siswa dimana t hitung ≥ t tabel dengan t hitung = 2,37 dan t tabel 1,701 maka Ha diterima dan H0 ditolak. (4) Terdapat pengaruh antara cara belajar siswa terhadap hasil belajar siswa dimana nilai F hitung ≥ F tabel atau 5,50 ≥ 4,20. Dari uraian di atas, maka dapat disimpulkan bahwa pendekatan pembelajaran scientific baik untuk diterapkan pada siswa kelas X MIA 1 SMAN 5 Kupang materi pokok ikatan kimia. Kata Kunci : Cara Belajar, Hasil Belajar, dan Pendekatan Scientific
Ketersediaan
| 15/KIP/630 | Unika Widya MAndira | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - Tidak di pinjamkan |
Informasi Detil
| Judul Seri |
-
|
|---|---|
| No. Panggil |
KIM Jen p 15
|
| Penerbit | FKIP UNWIRA : Kupang., 2015 |
| Deskripsi Fisik |
xv, 315p.; bibl.; illus.; 30 cm
|
| Bahasa |
Indonesia
|
| ISBN/ISSN |
-
|
| Klasifikasi |
Kimia
|
| Tipe Isi |
-
|
| Tipe Media |
-
|
|---|---|
| Tipe Pembawa |
-
|
| Edisi |
-
|
| Subyek |
-
|
| Info Detil Spesifik |
-
|
| Pernyataan Tanggungjawab |
VINSENSIA JENIAN
|
Versi lain/terkait
Tidak tersedia versi lain






