Detail Cantuman
Text
PENGARUH POLA ASUH ORANG TUA DAN SUMBER BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR DENGAN MENERAPKAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH PADA MATERI POKOK KOLOID SISWA KELAS XI MIA 1 SMA KRISTEN 1 KUPANG TAHUN AJARAN 2014/2015
ABSTRAK
PENGARUH POLA ASUH ORANG TUA DAN SUMBER BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR DENGAN MENERAPANKAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH PADA MATERI POKOK KOLOID SISWA KELAS XI MIA 1 SMA KRISTEN 1 KUPANG TAHUN AJARAN 2014/2015 Oleh : Teofilus Sato, Vinsensia H.B. Hayon,S.pd, M.pd,Si , Maria B. Tukan, S.Pd, M.Pd
Pola asuh berarti pendidikan. Dengan demikian, pola asuh orang tua adalah upaya orang tua yang konsisten dan persisten dalam menjaga dan membimbing anak dari sejak dilahirkan hingga remaja. Sumber belajar adalah semua sarana pengajaran yang mampu menyajikan pesan baik secara auditif maupun visual. Pembelajaran berdasarkan masalah adalah suatu model pembelajaran dimana peserta didik mengerjakan permasalahan yang autentik dengan maksud untuk menyusun pengetahuan mereka sendiri, mengembangkan inkuiri dan keterampilan berpikir lebih tinggi, mengembangkan kemandirian, dan percaya diri. Masalah utama dalam penelitian ini adalah 1) Bagaimana efektifitas pembelajaran dengan menerapkan model pembelajaran berbasis masalah pada materi sistem koloid peserta didik kelas XI MIA 1 SMA Kristen 1 Kupang tahun ajaran 2014/2015? 2) Bagaimana pola asuh orang tua dan sumber belajar siswa kelas XI MIA 1 SMA Kristen 1 Kupang tahun ajaran 2014/2015? 3) Adakah hubungan antara pola asuh orang tua dan sumber belajar terhadap hasil belajar dengan menerapkan model pembelajaran berbasis masalah pada materi pokok koloid siswa kelas XI MIA 1 SMA Kristen 1 Kupang tahun ajaran 2014/2015? 4) Adakah pengaruh antara pola asuh orang tua dan sumber belajar terhadap hasil belajar dengan menerapkan model pembelajaran berbasis masalah pada materi pokok koloid siswa kelas XI MIA 1 SMA Kristen 1 Kupang tahun ajaran 2014/2015 ? Tujuan dari penelitian ini adalah 1) Mendesdripsikan efektifitas pembelajaran dengan menerapkan model pembelajaran berbasis masalah pada materi pokok koloid siswa Kelas XI MIA 1 SMA Kristen 1 Kupang tahun ajaran 2014/2015. 2) Mendeskripsikan pola asuh orang tua dan sumber belajar siswa kelas XI MIA 1 SMA Kristen 1 Kupang tahun ajaran 2014/2015. 3) Mengetahui ada tidaknya hubungan pola asuh orang tua dan sumber belajar dengan hasil belajar dengan menerapkan model pembelajaran berbasis masalah pada materi pokok koloid siswa kelas XI MIA 1 SMA Kristen 1 Kupang tahun ajaran 2014/2015. 4) Mengetahui ada tidaknya pengaruh pola asuh orang tua dan sumber belajar terhadap hasil belajar dengan menerapkan model pembelajaran berbasis masalah pada materi pokok koloid siswa kelas XI MIA 1 SMA Kristen 1 Kupang tahun ajaran 2014/2015. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI MIA 1 SMA Kristen 1 Kupang berjumlah 23 orang. Jenis penelitian deskriptif dan asosiatif. Dari hasil analisis data disimpulkan bahwa: (1)Efektifitas pembelajaran dengan menerapkan model pembelajaran berbasis masalah (a) Kemampuan guru dalam mengelola pelaksanaan pembelajaran termasuk kategori baik dengan skor sebesar 3,67. (b) Ketuntasaan indikator hasil belajar meliputi 4 aspek: Indikator aspek sikap spiritual (KI-1) tuntas dengan proporsi 0,84. Indikator aspek sikap sosial (KI-2) tuntas dengan proporsi 0,85. Indikator aspek pengetahuan (KI-3) tuntas dengan proporsi 0,84. Indikator aspek keterampilan (KI-4) tuntas dengan proporsi 0,85. (c) Ketuntasan hasil belajar meliputi: Ketuntasan hasil belajar KI-1 sebesar 85, ketuntasan hasil belajar KI-2 sebesar 85, ketuntasan hasil belajar KI-3 sebesar 84, ketuntasan hasil belajar KI-4 sebesar 87 dan rata-rata ketuntasan hasil belajar secara keseluruhan sebesar 85. (2) Kriteria interpretasi pola asuh orang tua terhadap hasil belajar berada pada taraf sangat baik sebesar 85%. (3) Kriteria interpretasi sumber belajar menggunakan angket terhadap hasil belajar berada pada taraf sangat memadai sebesar 85%. (4) Terdapat hubungan yang signifikan antara pola asuh orang tua dan sumber belajar terhadap hasil belajar siswa dimana nilai untuk analisis angket sebesar rX1X2Y = 0,89. (5) Terdapat pengaruh yang signifikan antara pola asuh orang tua dan sumber belajar terhadap hasil belajar siswa untuk analisis angket dimana nilai Ŷ= a + b1X1 + b2X2 =24 + 0,19X1 + 0,52X2. Dengan melihat bahwa pola asuh orang tua dan sumber belajar sangat berpengaruh terhadap hasil belajar siswa maka perlu diperhatikan dengan baik bagaimana pola asuh orang tua dan bagaimana penyedian sumber belajar. Model pembelajaran berbasis masalah juga memberi pengaruh yang besar terhadap hasil belajar siswa, oleh karena itu model ini bisa lebih sering diterapkan pada materi-materi pembelajaran yang akan diajarkan oleh guru.
Ketersediaan
15/KIP/651 | Unika Widya Mandira | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - Tidak di pinjamkan |
Informasi Detil
Judul Seri |
-
|
---|---|
No. Panggil |
KIM Sat p 15
|
Penerbit | FKIP UNWIRA : Kupang., 2015 |
Deskripsi Fisik |
ix, 117p.; bibl.; illus.; 30 cm
|
Bahasa |
Indonesia
|
ISBN/ISSN |
-
|
Klasifikasi |
Kimia
|
Tipe Isi |
-
|
Tipe Media |
-
|
---|---|
Tipe Pembawa |
-
|
Edisi |
-
|
Subyek |
-
|
Info Detil Spesifik |
-
|
Pernyataan Tanggungjawab |
TEOFILUS SATO
|
Versi lain/terkait
Tidak tersedia versi lain