No image available for this title

Text

PENGARUH KEPERCAYAAN DIRI DAN KEPRIBADIAN SISWA TERHADAP HASIL BELAJAR PADA MATERI POKOK KOLOID MELALUI PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) SISWA KELAS XI SMA MUHAMMADIYAH KUPANG TAHUN PELAJARAN 2014/2015



ABSTRAK

PENGARUH KEPERCAYAAN DIRI DAN KEPRIBADIAN SISWA TERHADAP HASIL BELAJAR PADA MATERI POKOK KOLOID MELALUI PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) SISWA KELAS XI SMA MUHAMMADIYAH KUPANG TAHUN AJARAN 2014/2015
Oleh : Yohanes Basi, Vinsensia H.B.Hayon,S.Pd,MPd,Si Faderina Komisia, M.Pd

Kepercayaan Diri adalah penilaian yang realatif tetap tentang diri sendiri, mengenai kemampuan, bakat, kepemimpinan, inisiatif, dan sifat-sifat lain, serta kondisi-kondisi yang mewarnai perasaan manusia. Kepribadian merupakan proses dinamis di dalam diri yang terus menerus dilakukan terhadap sistem psikofisik (fisik dan mental) sehingga terbentuk pola penyesuaian diri yang unik atau khas pada setiap orang terhadap lingkungan.
Pendekatan Contextual Teaching and Learning adalah pendekatan pembelajaran yang mengaitkan antara materi yang dipelajari dengan kehidupan nyata siswa sehari-hari, baik dalam lingkungan kelurga, sekolah, masyarakat maupun warga Negara, dengan tujuan untuk menemukan makna materi tersebut bagi kehidupannya. Masalah utama dalam penelitian ini adalah 1) Bagaimana efektifitas pembelajaran dengan menggunakan pendekatan Contextual Teaching and Learning pada materi pokok system koloid siswa Kelas XI SMA Muhammadiyah Kupang tahun pelajaran 2014/2015? 2) Bagaimana kepercayaan diri dan kepribadian siswa Kelas XI di SMA Muhammadiyah Kupang tahun ajaran 2014/2015? 3) Adakah hubungan kepercayaan diri dan kepribadian siswa terhadap hasil belajar kimia dalam penerapan pendekatan Contextual Teaching and Learning pada materi pokok system koloid siswa Kelas XI di SMA Muhammadiyah Kupang tahun pelajaran 2014/2015? 4) Adakah pengaruh kepercayaan diri dan kepribadian siswa terhadap hasil belajar kimia dalam penerapan pendekatan Contextual Teaching and Learning pada materi pokok system koloid siswa Kelas XI di SMA Muhammadiyah Kupang tahun pelajaran 2014/2015?
Tujuan dari penelitian ini adalah 1) Mengetahui efektifitas pembelajaran dengan menggunakan pendekatan Contextual Teaching and Learning pada materi pokok system koloid siswa Kelas XI SMA Muhammadiyah Kupang tahun pelajaran 2014/2015. 2) Mengetahui kepercayaan diri dan kepribadian siswa kelas XI SMA Muhammadiyah Kupang tahun pelajaran 2014/2015. 3) Mengetahui ada tidaknya hubungan kepercayaan diri dan kepribadian siswa terhadap hasil belajar siswa dalam penerapan pendekatan Contextual Teaching and Learning pada materi pokok system koloid siswa kelas X I di SMA Muhammadiyah Kupang tahun pelajaran 2014/2015. 4) Mengetahui ada tidaknya pengaruh kepercayaan diri dan kepribadian siswa terhadap hasil belajar siswa dalam penerapan pendektaan Contextual Teaching and Learning pada materi pokok system koloid siswa kelas XI di SMA Muhammadiyah tahun pelajaran 2014/2015. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI SMA Muhammadiyah Kupang berjumlah 30 orang. Jenis penelitian deskriptif dan asosiatif.
Dari hasil analisis data disimpulkan bahwa: (1)Efektifitas pembelajaran dengan menerapkan pendekatan Contextual Teaching and Learning (a) Kemampuan guru dalam mengelola pelaksanaan pembelajaran termasuk kategori baik dengan skor sebesar 3,97. (b) Ketuntasaan indikator hasil belajar meliputi keempat aspek: Indikator aspek sikap spiritual (KI-1) tuntas dengan 0,95. Indikator aspek sikap sosial (KI-2) tuntas dengan skor 0,87. Indikator aspek pengetahuan (KI-3) tuntas dengan skor 0,88. Indikator aspek keterampilan (KI-4) tuntas dengan skor 0,84. (c) Ketuntasan hasil belajar meliputi: Ketuntasan hasil belajar KI-1 sebesar 86%, ketuntasan hasil belajar KI-2 sebesar 86%, ketuntasan hasil belajar KI-3 sebesar 84%, ketuntasan hasil belajar KI-4 sebesar 86% dan rata-rata ketuntasan hasil belajar secara keseluruhan sebesar 87%. (2) Kriteria interpretasi kepercayaan diri terhadap hasil belajar berada pada taraf sangat baik sebesar 88,37%. (3) Kriteria interpretasi gaya belajar siswa terhadap hasil belajar berada pada taraf sangat baik sebesar 89,1% (4) ) (a) Nilai korelasi product moment kepercayaan diri dengan hasil belajar sebesar 0,50 berada pada taraf yang cukup kuat. (b) nilai korelasi product moment kepribadian dengan hasil belajar sebesar 0.81 berada pada taraf yang kuat (c) Korelasi ganda kepercayaan diri dan kepribadian dengan hasil belajar sebesar 0,82. (5) (a) Terdapat pengaruh antara kepercayaan diri terhadap hasil belajar dimana Ŷ=a+bX1=24,57+ 0,58X1. (b) Terdapat pengaruh antara kepribadian terhadap hasil belajar dimana Ŷ= a + bX2=9,76 + 0,89X2. (c) Terdapat pengaruh antara kepercayaan diri dan kepribadian terhadap hasil belajar dimana Ŷ= a + b1X1 + b2X2 =7,8167 + 0,11X1 + 0,80X2.


Ketersediaan

15/KIP/628Unika Widya MandiraTersedia namun tidak untuk dipinjamkan - Tidak di pinjamkan

Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
KIM Bas p 15
Penerbit FKIP UNWIRA : Yogyakarta.,
Deskripsi Fisik
xi.; 167p.; bibl.; ills.; 30 cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
KIMIA
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
-
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain


Lampiran Berkas



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnyaXML DetailCite this