Detail Cantuman
Text
PENGARUH PERHATIAN ORANG TUA DAN KEPERCAYAAN DIRI TERHADAP HASIL BELAJAR DENGAN MENERAPKAN PENDEKATAN SCIENTIFIC PADA MATERI POKOK REAKSI REDOKS SISWA KELAS X MIA SMA SWASTA TERKAREDITASI PGRI KUPANG TAHUN AJARAN 2014/2015
ABSTRAK
PENGARUH PERHATIAN ORANG TUA DAN KEPERCAYAAN DIRI TERHADAP HASIL BELAJAR DENGAN MENERAPKAN PENDEKATAN SCIENTIFIC PADA MATERI POKOK REAKSI REDOKS SISWA KELAS X MIA SMA Swasta Terakreditasi PGRI KUPANG TAHUN AJARAN 2014/2015
Oleh : Philipus Y. Dari, Vinsensia H.B. Hayon, S.Pd, M.Pd.Si, Faderina Komisia, S.Pd, M.Pd
Perhatian orang tua sangat diperlukan dalam proses belajar anak, karena anak yang mendapatkan perhatian dari orang tua memiliki hasil belajar yang lebih baik, dibandingkan dengan anak yang tidak mendapatkan perhatian orang tua. Kurangnya motivasi dari orang tua juga sangat berpengaruh terhadap hasil belajar. Berdasarkan hasil observasi penulis selama kegiatan PPL di SMA Swasta Terakreditasi PGRI Kupang, masih banyak siswa yang sering datang terlambat, masuk kelas tidak membawa perlengkapan buku tulis. Sehingga tidak heran jika hasil belajar anak tersebut kurang memuaskan. Faktor lain yang dapat mempengaruhi hasil belajar siswa adalah kepercayaan diri. Orang yang memiliki keprayaan diri adalah orang yang yakin atas kemampuannya, tidak mudah dipengaruhi oleh teman lain. Kurangnya percaya diri, membuat siswa merasa tidak nyaman dalam setiap kegiatan belajar yang di lakukanya. Pada saat ujian siswa juga sering menyontek, perbuatan sseperti ini adalah contoh bahwa siswa tersebut kurang percaya diri. Pembelajaran dengan pendekatan scientific adalah proses pembelajaran yang dirancang sedemikian rupa agar peserta didik secara aktif mengkontruksi konsep, hukum atau perinsip melalui tahapan-tahapan mengamati (untuk mengidentifikasi atau menemukan masalah), merumuskan masalah, mengajukan atau merumuskan hipotesis, mengumpulkan deta dengan berbagai tekni, menganalisis data, menarik kesimpulan dan mengomunikasikan konsep, hukum atau perinsip yang ditemukan. Masalah utama dalam penelitian ini adalah 1) Bagaimana efektifitas penerapan pendekatan scientific terhadap hasil belajar pada materi pokok reaksi redoks siswa kelas X SMA Swasta Terakreditasi PGRI Kupang tahun ajaran 2014/2015. 2) Ada atau tidaknya hubungan antara perhatian orang tua dan hasil belajar siswa kelas X SMA Swasta Terakreditasi PGRI Kupang tahun ajaran 2014/2015. 3) Ada atau tidaknya hubungan kepercayaan diri dengan hasil belajar siswa kelas X SMA Swasta Terakreditasi PGRI Kupang tahun ajaran 2014/2015. 4) Ada atau tidaknya hubungan antara perhatian dan kepercayaan diri dengan hasil belajar siswa kelas X SMA Swasta Terakrediasi PGRI Kupang tahun ajaran 2014/2015. 5) Ada atau tidaknya pengaruh perhatian orang tua terhadap hasil belajar siswa kelas X SMA Swasta Terakreditasi PGRI Kupang tahun ajaran 2014/2015. 6) Ada atau tidaknya pengaruh kepercayaan diri terhadap hasil belajar siswa kelas X SMA Swasta Terkareditasi PGRI Kupang tahun ajaran 2014/2015. 7) Ada atau tidaknya pengaruh peerhatian orang tua dan kepercayaan diri terhadap hasil belajar siswa kelas X SMA Swasta Terakreditasi PGRI Kupang tahun ajaran 2014/2015. Tujuan dari penelitian ini adalah 1) Untuk mendeskripsikan efektifitas penerapan pendekatan scientific pada materi pokok reaksi redoks siswa kelas X SMA Swasta Terkreditasi PGRI Kupang tahun ajaran 2014/2015. 2) Untuk mengetahui ada tidaknya hubungan antara perhatian orang tua dengan hasil belajar siswa kelas X SMA Swaasta Terakreditasi PGRI Kupang tahun ajaran 2014/2015. 3) Untuk mengetahui ada tidaknya hubungan antara kepercayaan dengan hasil belajar siswa kelas X SMA Swasta Terakreditasi PGRI Kupang tahun ajaran 2014/2015. 4) Untuk mengetahui ada tidaknya hubungan antara perhatian orang tua dan kepercayaan diri dengan hasil belajar siswa kelas X SMA Swasta Terakreditasi PGRI Kupang tahun ajaran 2014/2015. 5) Untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh perhatian orang tua terhadap hasil belajar siswa kelas X SMA Swasta Terakreditasi PGRI Kupang tahhun ajaran 2014/2015. 6) Untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh kepercayaan diri terhadap hasil belajar siswa kelas X SMA Swasta Terakreditasi PGRI Kupang tahun ajaran 2014/2015.
7) Untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh perhatian orang tua
Ketersediaan
15/KIP/640 | Unika Widya Mandira | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - Tidak di pinjamkan |
Informasi Detil
Judul Seri |
-
|
---|---|
No. Panggil |
KIM Dar p 15
|
Penerbit | FKIP UNWIRA : Kupang., 2015 |
Deskripsi Fisik |
ix, 131p.; bibl.; illus.; 30 mcm
|
Bahasa |
Indonesia
|
ISBN/ISSN |
-
|
Klasifikasi |
Kimia
|
Tipe Isi |
-
|
Tipe Media |
-
|
---|---|
Tipe Pembawa |
-
|
Edisi |
-
|
Subyek |
-
|
Info Detil Spesifik |
-
|
Pernyataan Tanggungjawab |
PHILIPUS Y. DARI
|
Versi lain/terkait
Tidak tersedia versi lain