Detail Cantuman
Text
PENGARUH GAYA BELAJAR DAN KREATIVITAS TERHADAP HASIL BELAJAR DENGAN MENERAPKAN PENDEKATAN INKUIRI TERBIMBING PADA MATERI POKOK KOLOID SISWA KELAS XI MIA 5 SMA N 1 KUPANGTAHUN AJARAN 2014/2015
PENGARUH GAYA BELAJAR DAN KREATIVITAS TERHADAP HASIL BALAJAR DENGAN MENERPAKAN PENDEKATAN INKURI TERBIMBING PADA MATERI POKOK SISTEM KOLOID SISWA KELAS XI MIA 5 SMA N 1 KUPANG TAHUN AJARAN 2014/2015.
Oleh: Yustina Serafina Megi, Dra. Theresia Wariani, S. Pd, M. Pd, Faderina Komisia,M.Pd
Pendekatan inkuiri terbimbing adalah proses bertanya dan mencari tahu jawaban terhadap suatu masalah. Dalam pendekatan inkuiri lebih menekankan pada proses berpikir secara kritis dan analitis untuk mencari dan menemukan sendiri jawaban dari suatu masalah yang dipertanyakan. Inkuiri terbimbing merupakan pendekatan untuk memperoleh pengetahuan dan memahami dengan jalan bertanya, observasi, investigasi, analisis, dan evaluasi sehingga proses pembelajaran menjadi efektif, aktif, kreatif dan menyenangkan. Gaya belajar adalah sebuah pendekatan yang menjelaskan mengenai bagaimana cara individu belajar atau cara yang ditempuh oleh masing-masing orang untuk berkonsentrasi pada proses, dan menguasai informasi yang sulit dan baru melalui presepsi yang berbeda. Kreativitas adalah kemampuan seseorang untuk melahirkan sesuatu yang baru, gagasan baru dan pengelaman dalam mengekspresikan dan mengaktualisasikan identitas individu dalam bentuk terpadu antara diri sendiri dan orang lain dalam memecahkan masalah dengan metode-metode baru. Masalah umum dalam penelitian ini adalah (1) bagaimana efektifitas pembelajaran dengan menggunakan pendekatan inkuiri terbimbing pada materi pokok koloid siswa kelas XI MIA 5 SMA N Kupang 2014/2015 ? (2) bagaimana gaya belajar siswa kelas XI MIA 5 SMA N I Kupang 2014/2015 ? (3) bagaimana kreativitas siswa Kelas XI MIA SMA N I Kupang 2014/2015 ? (4) adakah hubungan antara gaya belajar dan kreativitas siswa dengan hasil belajar kimia dalam penerapan pendekatan inkuiri terbimbing pada materi pokok koloid siswa kelas XI MIA 5 SMA N I Kupang tahun pelajaran 2014/2015? (5) adakah pengaruh antara gaya belajar dan kreativitas siswa terhadap hasil belajar kimia dalam penerapan pendekatan inkuiri terbimbing pada materi pokok koloid siswa kelas XI MIA 5 SMA N I Kupang tahun pelajaran 2014/2015? Berdasarkan rumusan masalah di atas, maka menjadi tujuan penelitian ini adalah: (1) untuk mendeskripsikan efektifitas pembelajaran dengan menggunakan pendekatan inkuiri terbimbing pada materi pokok koloid siswa Kelas XI MIA 5 SMA N I Kupang tahun pelajaran 2014/2015? (2) untuk mengetahui gaya belajar siswa kelas XI MIA 5 SMA N I Kupang tahun pelajaran 2014/2015.(3) untuk mengetahui kreativitas siswa Kelas XI MIA 5 SMA N I Kupang tahun pelajaran 2014/2015.(4) untuk mengetahui ada tidaknya hubungan antara gaya belajar dan kreativitas siswa dengan hasil belajar kimia dalam penerapan pendekatan inkuiri terbimbing pada materi pokok koloid siswa kelas XI MIA 5 SMA N I Kupang tahun pelajaran 2014/2015. (5) untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh antara gaya belajar dan kreativitas siswa terhadap hasil belajar kimia dalam penerapan pendekatan inkuiri terbimbing pada materi pokok koloid siswa kelas XI MIA 5 SMA N I Kupang tahun pelajaran 2014/2015. Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian deskriptif dan asosiatif. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI MIA SMA N 1 Kupang tahun pelajaran 2014/2015. Sampel penelitian siswa kelas X1 MIA 5 SMA N 1 Kupang yang berjumlah 30 orang. Dari hasil analisis data diperoleh 1) a. kemampuan guru dalam mengelola pelaksanaan pembelajaran dengan pendekatan inkuiri terbimibng termasuk kategori baik dengan skor sebesar 3,805 b. Indikator instrument hasil belajar observasi sikap spiritual (KI-1) sebesar 0,915 dan instrument angket sikap spiritual sebesar 0,86. Indikator instrument hasil belajar observasi sikap sosial (KI-2) sebesar 0,95 dan instrument angket sebesar 0,85. Indikator instrument hasil belajar (KI-3) yang meliputi ketuntasan indikator soal Essay sebesar 0,82. Ketuntasan indikator keterampilan (KI-4) yang meliputi indikator presentase sebesar 1,00 dan indikator portofolio sebesar 0,81 dan psikomotor sebesar 0,86,indikator hasil karya 0,83, dan indikator proses 0,88 c. Ketuntasan hasil belajar meliputi: ketuntasan hasil belajar KI-1 sebesar 90, Ketuntasan hasil belajar KI-2 sebesar 88, Ketuntasan hasil belajar KI-3 sebesar 85,68, Ketuntaasan hasil belajar KI-4 sebesar 88,54 dan Rata- rata ketuntasan hasil belajar secara keseluruhan sebesar 87,50. 2) Kriteria interpretasi gaya belajar siswa berada pada taraf baik sebesar 79%. 3) Kriteria interpretasi kreativitas siswa berada pada taraf tinggi sebesar 74,6%. 4)Terdapat hubungan yang signifikan antara gaya belajar dengan hasil belajar siswa dengan nilai r = 0,88. 5) Terdapat hubungan yang signifikan antara kreativitas dengan hasil belajar siswa dengan nilai r = 0,77. 6) Terdapat hubungan yang signifikan antara gaya belajar dan kreativitas dengan hasil belajar siswa dengan nilai r = 0,895. 7)Terdapat pengaruh yang signifikan antara gaya belajar dengan hasil belajar siswa dengan persamaan regresinya
Ketersediaan
15/KIP/638 | Unika Widya Mandira | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - Tidak di pinjamkan |
Informasi Detil
Judul Seri |
-
|
---|---|
No. Panggil |
KIM Meg p 15
|
Penerbit | FKIP UNWIRA : Yogyakarta., 2015 |
Deskripsi Fisik |
xii, 354p.; bibl.; illus.; 30 cm
|
Bahasa |
Indonesia
|
ISBN/ISSN |
-
|
Klasifikasi |
Kimia
|
Tipe Isi |
-
|
Tipe Media |
-
|
---|---|
Tipe Pembawa |
-
|
Edisi |
-
|
Subyek |
-
|
Info Detil Spesifik |
-
|
Pernyataan Tanggungjawab |
YUSTINA SERAVINA MEGI
|
Versi lain/terkait
Tidak tersedia versi lain