Detail Cantuman
Text
PENGARUH KEPRIBADIAN DAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF TERHADAP HASIL BELAJAR KIMIA DENGAN MENERAPKAN PENDEKATAN INKUIRI TERBIMBING PADA MATERI POKOK SISTEM KOLOID SISWA KELAS XI IPA1 SMA NEGERI 1 MOLLO SELATAN TAHUN AJARAN 2014/2015
ABSTRAK
PENGARUH KEPRIBADIAN DAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENERAPKAN PENDEKATAN INKUIRI TERBIMBING PADA MATERI POKOK SISTEM KOLOID SISWA KELAS XI IPA1 SMA NEGERI 1 MOLLO SELATAN TAHUN AJARAN 2014/2015
Oleh Rosalina Misa.* Vinsensia H.B. Hayon,S,Pd, M.PdSi.** Yanti Rosinda Tinenti, S.Pd, M.Pd.***
Kepribadian adalah suatu organisasi psichophysis yang dinamis dari sistem psikofisis pada seseorng yang menyebabkan ia dapat menyesuaikan diri dengan lingkungannya.
Kemampuan berpikir kreatif adalah suatu proses berpikir yang mampu memecahkan masalah dengan cara orisinal dan berguna.
Pendekatan inkuiri terbimbing dalah proses pembelajaran yang dirancang sedemikian rupa agar siswa secara aktif mengkonstruksi konsep, hukum atau prinsip melalui tahapan-tahapan mengamati (untuk mengidentifikasi atau menemukan masalah), merumuskan masalah, mengajukan atau merumuskan hipotesis, mengumpulkan data dengan berbagai teknik, menganalisis data, menarik kesimpulan dan mengomunikasikan konsep, hukum atau prinsip yang “ditemukan”.Masalah utama dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimana efektifitas pembelajaran dengan menerapkan pendekatan inkuiri terbimbing pada materi pokok sistem koloid siswa kelas XI IPA1 SMA N 1 Mollo Selatan tahun ajaran 2014/2015? (2) Bagaimana kepribadian siswa kelas XI IPA1 SMA N 1 Mollo Selatan tahun ajaran 2014/2015? (3) Bagaimana Kemampuan berpikir kreatif siswa kelas XI IPA1 SMA N 1 Mollo Selatan tahun ajaran 2014/2015? (4) (a).Adakah hubungan kepribadian dengan hasil belajar kimia dengan penerapan pendekatan inkuri terbimbing pada materi pokok sistem koloid siswa kelas XI IPA1 SMA N 1 Mollo Selatan tahun ajaran 2014/2015 ?(b). Adakah hubungan Kemampuan berpikir kreatif dengan hasil belajar kimia dengan menerapkan pendekatan inkuiri terbimbing pada materi pokok sistem koloid siswa kelas XI IPA1 SMA N 1 Mollo Selatan tahun ajaran 2014/2015 ?(c). Adakah hubungan kepribadian dan Kemampuan berpikir kreatif dengan hasil belajar kimia dengan menerapkan pendekatan inkuiri terbimbing pada materi pokok sistem koloid kelas XI IPA1 SMA N 1 Mollo Selatan tahun ajaran 2014/2015? (5) (a)Adakah pengaruh kepribadian terhadap hasil belajar kimia dengan menerapkan pendekatan inkuiri terbimbing pada materi pokok sistem koloid siswa kelas XI IPA1 SMA N 1 Mollo Selatan tahun ajaran 2014/2015 ?(b). Adakah pengaruh Kemampuan berpikir kreatif terhadap hasil belajar kimia dalam penerapan pendekatan inkuiri terbimbing pada materi pokok sistem koloid siswa kelas XI IPA1 SMA N 1 Mollo Selatan tahun ajaran 2014/2015? (c). Adakah pengaruh kepribadian dan Kemampuan berpikir kreatif dengan menerapkan pendekatan inkuiri terbimbing pada materi pokok sistem koloid siswa kelas XI IPA1 SMA N 1 Mollo Selatan tahun ajaran 2014/2015 ?
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk : (1) Untuk Mengetahui efektivitas pembelajaran dengan menggunakan pendekatan Inkuiri terbimbing pada materi pokok sistem koloid siswa kelas XI IPA1 SMA N 1 Mollo Selatan tahun ajaran 2014/2015. (2) Untuk Mengetahui Kepribadian siswa kelas XI IPA1 SMA N 1 Mollo Selatan tahun ajaran 2014/2015. (3) Untuk Mengetahui Kemampuan berpikir kreatifa siswa kelas XI IPA1 SMA N 1 Mollo Selatan tahun ajaran 2014/2015.(4) (a)Untuk Mengetahui ada tidaknya hubungan Kepribadian dengan hasil belajar kimia dalam penerapan pendekatan Inkuiri terbimbing pada materi pokok sistem koloid siswa kelas XI IPA1 SMA N 1 Mollo Selatan tahun ajaran 2014/2015.(b) Untuk Mengetahui ada tidaknya hubungan Kemampuan berpikir kreatif dengan hasil belajar kimia dalam penerapan pendekatan Inkuiri terbimbing pada materi pokok sistem koloid siswa kelas XI IPA1 SMA N 1 Mollo Selatan tahun ajaran 2014/2015.(c) Untuk Mengetahui ada tidaknya hubungan antara Kepribadian dan Kemampuan berpikir kreatif dengan hasil belajar kimia dalam penerapan pendekatan Inkuiri terbimbing pada materi pokok sistem koloid siswa kelas XI IPA1 SMA N 1 Mollo Selatan tahun ajaran 2014/2015. (5) (a) Untuk Mengetahui ada tidaknya pengaruh Kepribadian terhadap hasil belajar kimia dalam penerapan pendekatan Inkuiri terbimbing pada materi pokok sistem koloid siswa kelas XI IPA1 SMA N 1 Mollo Selatan tahun ajaran 2014/2015.(b) Untuk Mengetahui ada tidaknya pengaruh Kemampuan berpikir kretif terhadap hasil belajar kimia dalam penerapan pendekatan Inkuiri terbimbing pada materi pokok sistem koloid siswa kelas XI IPA1 SMA N 1 Mollo Selatan tahun ajaran 2014/2015 .(c) Untuk Mengetahui ada tidaknya pengaruh antara Kepribadian dan Kemampuan berpikir kreatif terhadap hasil belajar kimia dalam penerapan pendekatan Inkuiri terbimbing pada materi pokok sistem koloid siswa kelas XI IPA1 SMA N 1 Mollo Selatan tahun ajaran 2014/2015. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif dan asosiatif.
Berdasarkan hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa: (1) Efektivitas penerapan pendekatan Inkuiri terbimbing (a) Kemampuan guru dalam mengelola pelaksanaan pembelajaran termasuk kategori baik dengan skor rata-rata sebesar 3,81. (b) Ketuntasan indikator meliputi: ketuntasan observasi aspek sikap spiritual (KI 1) sebesar 0.95, ketuntasan indikator angket aspek sikap spiritual (KI 1) sebesar 0,87, ketuntasan indikator observasi aspek sikap sosial (KI 2) sebesar 0,84. Ketuntasan indikator angket aspek sikap sosial (KI 2) sebesar 0.93, ketuntasan indikator aspek pengetahuan (KI 3) adalah sebesar 0,85, dan ketuntasan indikator aspek keterampilan (KI 4) adalah sebesar 0,89. (c) Ketuntasan hasil belajar meliputi: (1) ketuntasan hasil belajar aspek sikap spiritual KI-1 sebesar 92, ketuntasan hasil belajar aspek sikap sosial (KI-2) sebesar 88, ketuntasan hasil belajar aspek pengetahuan (KI-3) sebesar 83, ketuntasan hasil belajar aspek keterampilan (KI 4) sebesar 82 dan rata-rata ketuntasan hasil belajar secara keseluruhan sebesar 85. (2) rata-rata persentase kepribadian siswa sebesar 81. (3) rata-rata persentase Kemampuan berpikir kreatif siswa sebesar 77. (4) (a) Ada hubungan kepribadian dengan hasil belajar siswa dalam penerapan pendekatan inkuiri terbimbing dengan Nilai korelasi product moment dari Kepribadian dengan hasil belajar sebesar 0,83 berada pada taraf yang sangat kuat, (b) Ada hubungan kepribadian dengan hasil belajar siswa dalam penerapan pendekatan inkuiri terbimbing, Nilai korelasi product moment dari angket kemapuan berpikir kreatif dengan hasil belajar sebesar 0,60 berada pada taraf kuat, sedangkan dari Tes kreatif dengan hasil belajar sebesar 0,63 (c) Ada hubungan kepribadian dengan hasil belajar siswa dalam penerapan pendekatan inkuiri terbimbing, Nilai korelasi ganda dari Kepribadian dan angket kemampuan berpikir kreatif dengan hasil belajar sebesar 0,44 berada pada taraf yang cukup kuat sedangkan dari kepribadian dan Tes kreatif sebesar 0,44 sama juga berada pada taraf cukup kuat (5)(a) Ada pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar siswa dalam penerapan pendekatan inkuiri terbimbing antara Kepribadian terhadap hasil belajar dimana Ŷ =24,068 +0,75X. (b) Ada pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar siswa dalam penerapan pendekatan inkuiri terbimbing antara angket kemampuan berpikir kreatif terhadap hasil belajar dimana Ŷ =84,92 +0,387X. sedangkan antara tes kreatif Ŷ =60,15 +0,32X (c) Ada pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar siswa dalam penerapan pendekatan inkuiri terbimbing antara Kepribadian dan angket kemampuan berpikir kreatif terhadap hasil belajar dimana Ŷ =1.296 +0.825X +0,321X, sedangkan antara kepribadian dan tes berpikir kreatif Ŷ =0.78+0.865X +0,18X.
Dari uraian di atas, maka dapat disimpulkan bahwa kepribadian dan kemampuan berpikir kreatif dengan penerapan pendekatan pembelajaran inkuiri terbimbing baik untuk diterapkan pada siswa kelas XI IPA1 SMA N 1 Mollo Selatan tahun ajaran 2014/2015 pada materi pokok sistem koloid.
Ketersediaan
15/KIP/650 | Unika Widya Mandira | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - Tidak di pinjamkan |
Informasi Detil
Judul Seri |
-
|
---|---|
No. Panggil |
KIM Mis p 15
|
Penerbit | FKIP UNWIRA : Kupang., 2015 |
Deskripsi Fisik |
ix,; 444p.; bibl.; ills.; 30 cm
|
Bahasa |
Indonesia
|
ISBN/ISSN |
-
|
Klasifikasi |
KIMIA
|
Tipe Isi |
-
|
Tipe Media |
-
|
---|---|
Tipe Pembawa |
-
|
Edisi |
-
|
Subyek |
-
|
Info Detil Spesifik |
-
|
Pernyataan Tanggungjawab |
Rosalina Misa
|
Versi lain/terkait
Tidak tersedia versi lain