Detail Cantuman
Text
Penerapan pendekatan contextual teaching and learning (CTL) materi pokok hukum Newton pada peserta didik Kelas VIIIA semester ganjil SMMPK Adisucipti Penfui Kupang Tahun Ajaran 2012/2013
ABSTRAKSIrnPENERAPAN PENDEKATAN KETERAMPILAN PROSES DALAMrnMENINGKATKAN KUALITAS PEMBELAJARAN FISIKA MATERIrnPOKOK PEMUAIAN PADA SISWA KELAS VIIA SMP ANGKASA PENFUIrnKUPANG TAHUN PELAJARAN 2012/2013rnOleh Yosep Nahak, Drs. Alfons Bunga Naen, M.Pd, Dra. Theresia Wariani, M.PdrnPendekatan Keterampilan Proses merupakan salah satu pendekatan pembelajaran yangrnbertujuan untuk mengembangkan sejumlah fakta-fakta, konsep-konsep serta teori-teori denganrnketerampilan proses dan sikap ilmiah.rnMasalah utama dalam penelitian ini adalah “Apakah penerapan keterampilan proses pada materirnpokok Pemuaian dapat meningkatkan kualitas pembelajaran fisika siswa kelas VIIA SMP AngkasarnPenfui Kupang?”. Secara spesifik, masalah dalam penelitian ini adalah: 1) Bagaimana kemampuanrnguru dalam mengelola kegiatan pembelajaran dengan menerapkan pendekatan keterampilan proses? 2)rnBagaiman hasil belajar siswa dalam kegiatan pembelajaran dengan menerapkan pendekatanrnketerampilan proses? 3) Bagaimana ketuntasan Indikator Hasil Belajar (IHB) dalam pembelajaranrndengan menerapkan pendekatan keterampilan proses? 4) Bagaimana respon siswa terhadap kegiatanrnpembelajaran dengan menerapkan pendekatan keterampilan proses?rnBerdasarkan rumusan masalah di atas, maka tujuan yang hendak dicapai dala penelitian inirnadalah “Untuk mendeskripsikan penerapan pendekatan keterampilan proses dalam meningkatkanrnkualitas pembelajaran fisika materi pokok Pemuaian pada siswa kelas VIIA SMP Angkasa PenfuirnKupang”. Secara spesifik tujuan dalam penelitian ini adalah: 1) Mendeskripsikan kemampuan gururndalam mengelola kegiatan pembelajaran yang menerapkan pendekatan keterampilan proses. 2)rnMendeskripsikan hasil belajar siswa dalam kegiatan pembelajaran yang menerapkan keterampilanrnproses. 3) Mendeskripsikan ketuntasan Indikator Hasil Belajar (IHB) dalam kegiatan pembelajaranrnyang menerapkan pendekatan keterampilan proses. 4) Mendeskripsikan respon siswa terhadap kegiatanrnpembelajaran yang menerapkan pendekatan keterampilan proses.rnSubyek dalam penelitian ini adalah Guru (peneliti) dan Siswa Kelas VIIA Semester Ganjil padarnSMP Angkasa Penfui Kupang Tahun Ajaran 2012/2013 yang berjumlah 26 orang. Instumen yangrndigunakan dalam penelitian ini adalah lembar pengamatan pengelolaan pembelajaran pendekatanrnketerampilan proses, tes hasil belajar siswa, lembar penilaian aspek (psikomotor, kognitif dan afektif)rndan angket respon siswa. Perangkat pembelajaran yang dikembangkan dalam penelitian ini adalahrnbahab ajar siswa, silabus, Rencana Pelaksanaan Pembelajaran, lembar kerja siswa, kisi-kisi dan tesrnhasil belajar siswa (THB produk dan proses). Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian inirnadalah teknik analisis deskriptifrnHasil analisis deskriptif diperoleh bahwa guru mampu mengelola kegiatan pembelajaran yaknirnkegiatan pendahuluan, kegiatan inti, kegiatan penutup, pengelolaan waktu dan susana kelas denganrnbaik dengan skor rata-rata tiap kategori unruk setiap RPP ≥ 0,35. Sedangkan untuk semua indikatorrnbaik indikator produk maupun indikator proses semuanya tuntas dengan rata-rata proporsi ketuntasanrnindikator lebih dari 0,75. Indikator hasil belajar yang ingin dicapai siswa pada materi pokok pemuaianrnsemuanya tuntas. Hasil belajar siswa rata-rata semuanya tuntas dan respon siswa terhadap kegiatanrnpembelajaran berada dalam kategori positif (senang, baru dan berminat).rnBerdasarkan uaraian di atas, dikatakan bahwa penerapan pendekatan keterampilan proses dapatrnmeningkatkan kualitas pembelajaran fisika sehingga penerapan pendekatan keterampilan proses dapatrndigunakan dalam pembelajaran fisika khususnya materi pokok Pemuaian.
Ketersediaan
| 19/13/KIP | Unika Widya MAndira | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - Tidak di pinjamkan |
Informasi Detil
| Judul Seri |
-
|
|---|---|
| No. Panggil |
Fis Nah p
|
| Penerbit | Taylor & Francis Inc. : Kupang., 2012 |
| Deskripsi Fisik |
xvii, 170 p.: bibl.; 29 cm
|
| Bahasa |
Indonesia
|
| ISBN/ISSN |
-
|
| Klasifikasi |
FIS
|
| Tipe Isi |
-
|
| Tipe Media |
-
|
|---|---|
| Tipe Pembawa |
-
|
| Edisi |
-
|
| Subyek | |
| Info Detil Spesifik |
-
|
| Pernyataan Tanggungjawab |
-
|
Versi lain/terkait
Tidak tersedia versi lain






