No image available for this title

Text

Efektivitas penerapan model pembelajaran kooperatif melalui pendekatan Think pair share (TPS) terhadap hasil belajar siswa kelas VII pada materi pokok pengaruh manusia di dalam ekosistem di SMP Adhyaksa 2 Kupang tahun ajaran 2012/2013



EFEKTIVITAS PENERAPAN MODEL PEMBELAJARANrnKOOPERATIF MELALUI PENDEKATAN THINK PAIR SHARE (TPS)rnTERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS VII PADA MATERIrnPOKOK PENGARUH MANUSIA DI DALAM EKOSISTEMrnDI SMP ADHYAKSA 2 KUPANGrnTAHUN AJARANrn2012/2013rnABSTRAKrnOleh: Johana Wende KunurnPendidikan adalah upaya pengembangan potensi peserta didik. Denganrndemikian, peserta didik harus dipandang sebagai organisme yang terus berkembangrndan memiliki potensi. Tugas pendidikan adalah untuk mengembangkan potensi yangrndimiliki peserta didik, bukan menjejalkan materi pelajaran sebanyak-banyaknya ataurnmemaksa agar peserta didik dapat menghafal materi tanpa memahaminya. Salah saturnmodel pembelajaran yang dapat menjawab tantangan ini adalah modelrnpembelajaran kooperatif. Model pembelajaran kooperatif merupakan suatu modelrnpembelajaran yang menuntut kerja sama dimana siswa belajar dalam kelompokrnkecil, saling membantu untuk memahami suatu pembelajaran. Modelrnpembelajaran kooperatif dalam penelitian ini adalah menggunakan pendekatanrnThink Pair Share ( TPS). Pendekatan TPS ini melibatkan siswa dalam mendalami materirnyang tercakup dalam suatu pelajaran dan mengecek pemahaman mereka terhadap isirnpelajaran tersebut dengan memberi kesempatan kepada siswa untuk berdiskusi secararnberpasangan dan membagi pengalaman mereka kepada teman-temannya di dalam kelas.rnTujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas penerapan modelrnpembelajaran kooperatif melalui pendekatan Think Phair Share terhadap hasil belajarrnsiswa kelas VII pada materi pokok Pengaruh Manusia Di Dalam Ekosistem di SMPrnAdhyaksa 2 Kupang Tahun Ajaran 2012/2013. Penelitian ini dilaksanakan di SMPrnAdhyaksa 2 Kupang. Subyek dalam penelitian ini adalah kelas VII A. Desainrnpenelitian yang digunakan adalah One Group Pretest-Postest Design dan analisisrndeskriptif.rnHasil penelitian ini menunjukkan bahwa rerata ketuntasan belajar siswarnperindividu 81,84 (tuntas) dan secara klasikal 94,74% (tuntas). Rerata proporsirnindikator 0,85 (tuntas), dan sensitivitas butir soal 0,50 ≥ 0,30 (sensitif) sehinggarnmempunyai efek dalam pembelajaran. Reliabilitas instrumen aktivitas siswa 96,66rn(baik), skor rerata guru dalam mengelola pembelajaran 3,68 (baik), dan reliabilitasrninstrumennya 99,71 (baik).rnBerdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa modelrnpembelajaran kooperatif pendekatan Think Pair Share efektif terhadap hasilrnbelajar siswa kelas VII pada materi pokok Pengaruh Manusia Di DalamrnEkosistem di SMP Adhyaksa 2 Kupang Tahun ajaran 2012/2013.rnKata kunci : Efektivitas, Penerapan, Model Pembelajaran Kooperatif Pendekatan ThinkrnPair Share, Hasil Belajar Siswa, Materi Pokok Pengaruh Manusia Di DalamrnEkosistem.


Ketersediaan

09/13/KIPUnika Widya MAndiraTersedia namun tidak untuk dipinjamkan - Tidak di pinjamkan

Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
BIO Kun e
Penerbit FKIP UNWIRA : Kupang.,
Deskripsi Fisik
xi, 99 p.: bibl.; 29 cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
BIO
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain




Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnyaXML DetailCite this