No image available for this title

Text

Studi perkembangan prestasi belajar matematika antara siswa yang diajarkan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Three Step Interview dengan model pembelajaran konvensional Pokok bahasan fungsi siswa kelas VIII semester 1 SMP Negeri3 Amanuban Tengah tahun ajaran 2012/2013



STUDI PERBANDINGAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKArnANTARA SISWA YANG DIAJARKAN MENGGUNAKANrnMODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THREE STEP INTERVIEW DENGAN MODEL PEMBELAJARAN KONVENSIONALrnPOKOK BAHASAN FUNGSI SISWA KELAS VIII SEMESTER IrnSMP NEGERI 3 AMANUBAN TENGAH TAHUN AJARAN 2012/2013rnrnABSTRAKrnModel pembelajaran kooperatif Tipe Three Step Interview (tiga tahap wawancara) merupakan salah satu tipe pembelajaran kooperatif yang dalam proses pembelajaran setiap siswa diberikan kesempatan untuk saling berinteraksi dengan saling mewawancarai langsung dan menyampaikan kembali hasil wawancaranya serta dituntut untuk bisa bertanggung jawab terhadap tugas yang diembannya sebagai salah satu pendukung keberhasilan pencapaian tujuan pembelajaranrnAdapun rumusan permasalahan dalam penelitian ini adalah apakah ada perbedaan prestasi belajar matematika yang signifikan antara siswa yang diajarkan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Three Step Interview dengan siswa yang diajarkan menggunakan model pembelajaran Konvensional Pokok Bahasan Fungsi siswa kelas VIII Semester I SMP Negeri 3 Amanuban Tengah Tahun Ajaran 2012/2013?rnPopulasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Amanuban Tengah Tahun Ajaran 2012/2013. Pemilihan sampel dilakukan dengan cara acak. Dari pengacakan sampel terpilih sampel I yaitu siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran kooperatif tipe three step interview yang berjumlah 24 siswa dan sampel yang II yaitu siswa yang diajarkan model pembelajaran konvensional yang berjumlah 19 siswa. Dengan demikian jumlah sampel adalah 43 siswa. Uji prasyarat analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji homogenitas yang menggunakan Uji One-Way Anova, uji normalitas yang menggunakan uji chi-squqre dan hipotesisnya menggunakan uji-t.rnBerdasarkan hasil analisis, diperoleh thitung pada tabel Independent Sampels Test sebesar 3,219 dan ttabel 2,019 dengan taraf signifikansi = 0,05/2 = 0,025 dan dk= 8. Dari hasil perhitungan thitung = 3,219 > ttabel = 2,019. Jadi hipotesis nol (H0) ditolak, denga kata lain Ha diterima maka dapat disimpulkan bahwa prestasi belajar matematika dengan model pembelajaran tipe Three Step Interview lebih baik dibandingkan dengan dengan siswa yang diajarkan menggunakan model pembelajaran konvensional pokok bahasan fungsi siswa kelas VIII Semester I SMP Negeri 3 Amanuban Tengah Tahun Ajaran 2012/2013.rnBerdasarkan kesimpulan di atas, penulis menyarankan bagi para guru matematika agar dalam proses pembelajaran matematika dalam kelas dapat menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe three step interview khususnya pada pokok bahasan fungsi .rnrn


Ketersediaan

12/13/KIPUnika Widya MandiraTersedia namun tidak untuk dipinjamkan - Tidak di pinjamkan

Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
MAT Boi s
Penerbit FKIP UNWIRA : Kupang.,
Deskripsi Fisik
x, 42 p.: bibl.; 29 cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
MAT
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain




Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnyaXML DetailCite this