No image available for this title

Text

Penerapan pendekatan inkuiri terbimbing materi pokok tekanan peserta didik kelas VIII Semester ganjil SMP St. Maria Assumpta tahun ajaran 2012/2013



ABSTRAKSIrnPENERAPAN PENDEKATAN INKUIRI TERBIMBING MATERI POKOK TEKANANrnPESERTA DIDIK KELAS VIIIA SEMESTER GANJIL SMPK Sta. MARIA ASSUMPTArnTAHUN PELAJARAN 2012/2013rnOleh : Yustinus Eduard Lamadike, Drs. Frans Keraf, M.Pd , Drs. Alfons Bunga Naen, M.PdrnPendekatan inkuiri terbimbing merupakan salah satu jenis pendekatan inkuiri yang dalamrnproses pembelajaran sains, karena dengan pendekatan inkuiri terbimbing peserta didik dilatihrnuntuk mencari dan menemukan sendiri masalah yang akan dipelajarinya atas bimbingan guru.rnDengan demikian, peserta didik tidak mudah bingung dan tidak gagal karena dalam mencari ataurnmenemukan suatu masalah sesuai dengan prosedur atau pertanyaan yang disiapkan guru.rnMasalah utama dalam penelitian ini adalah bagaimana penerapan pendekatan inkuirirnterbimbing pada materi pokok Tekanan peserta didik kelas VIIIA semester ganjil SMPK Sta.rnMaria Assumpta? Secara spesifik, masalah ini dapat dirumuskan sebagai berikut: 1) Bagaimanarnkemampuan guru dalam mengelola kegiatan pembelajaran dengan menerapkan pendekatan inkuirirnterbimbing pada materi pokok Tekanan? 2) Bagaimana ketuntasan indikator hasil belajar denganrnmenerapkan pendekatan inkuiri terbimbing pada materi pokok Tekanan? 3) Bagaimana hasilrnbelajar peserta didik dalam pembelajaran yang menerapkan pendekatan inkuiri terbimbing padarnmateri pokok Tekanan? 4) Bagaimana respon peserta didik terhadap kegiatan pelaksanaanrnpembelajaran dengan menerapkan pendekatan inkuiri terbimbing pada materi pokok Tekanan?rnTujuan utama dalam penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan pendekatan inkuirirnterbimbing pada materi pokok tekanan peserta didik kelas VIIIA semester ganjil SMPK Sta. MariarnAssumpta. Secara spesifik, tujuan penelitian ini adalah 1) Mendeskripsikan kemampuan gururndalam mengelola kegiatan pembelajaran dengan menerapkan pendekatan inkuiri terbimbing padarnmateri pokok Tekanan. 2) Mendeskripsikan ketuntasan indikator hasil belajar dengan menerapkanrnpendekatan inkuiri terbimbing pada materi pokok Tekanan. 3) Mendeskripsikan hasil belajarrnpeserta didik dalam pembelajaran yang menerapkan pendekatan inkuiri terbimbing pada materirnpokok Tekanan. 4) Mendeskripsikan respon peserta didik terhadap kegiatan pelaksanaanrnpembelajaran dengan menerapkan pendekatan inkuiri terbimbing pada materi pokok TekananrnJenis penelitian adalah penelitian deskriptif dan subjek penelitian ini adalah gururn(peneliti) dan peserta didik kelas VIIIA SMPK Sta. Maria Assumpta tahun ajaran 2012/2013 yangrnberjumlah 36 orang. Perangkat pembelajaran yang digunakan adalah bahan ajar peserta didikrn(BAPD), silabus, rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP), lembar kerja peserta didik (LKPD),rnkisi-kisi dan tes hasil belajar (THB). Teknik pengumpulan data penelitian adalah observasi, tes danrnangket. Sedangkan instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar pengamatanrnpengelolaan pembelajaran dengan menerapkan pendekatan inkuiri terbimbing materi pokokrnTekanan, tes hasil belajar (THB) dan lembar isian respon peserta didik. Teknik analisis datarnpenelitian ini adalah analisis deskriptif dengan menghitung nilai rata-rata, persentase, dan proporsi.rnBerdasarkan hasil analisis deskriptif data penelitian menunjukan bahwa secara umumrnpenerapan pendekatan inkuiri terbimbing adalah baik untuk materi pokok Tekanan pada pesertarndidik kelas VIIIA SMPK Sta. Maria Assumpta Kupang yang berjumlah 36 orang. Secara terperincirndiperoleh kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran fisika materi pokok Tekanan yangrnmencakup perencanaan pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran dan evaluasi pembelajaranrnadalah baik. Indikator hasil belajar yang disiapkan sebanyak sepuluh indikator produk dan saturnindikator proses, semuanya tuntas. Hasil belajar peserta didik secara kelas dikatakan tuntas padarnaspek produk, proses dan afektif sedangkan pada psikomotor tidak tuntas serta respon pesertarndidik terhadap kegiatan pelaksanaan pembelajaran yang dilakukan oleh guru adalah sangat baik.


Ketersediaan

16/13/KIPUnika Widya MAndiraTersedia namun tidak untuk dipinjamkan - Tidak di pinjamkan

Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
Fis Lam p
Penerbit FKIP UNWIRA : Kupang.,
Deskripsi Fisik
xxi, 208 p.: bibl.; 29 cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
FIS
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain




Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnyaXML DetailCite this