Detail Cantuman
Text
EVektiVitas penerapan model pembelajaran langsung untuk meningkatkan hasil belajar siswa materi pokok huku-hukum dasar kimia pada siswa A Kelas X B SMA PGRI Kupang tahun ajaran 2012/2013
“EFEKTIFITAS PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN LANGSUNG UNTUKrnMENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MATERI POKOK HUKUM-HUKUM DASARrnKIMIA PADA SISWA KELAS XA SMA PGRI KUPANG TAHUN AJARAN 2011/2012”.rnOleh : Rifka Djiparem, Vincensia H.B. Hayon, S. Pd, M. Pdsi, Maria A. U. Leba, S. PdrnAbstrakrnPendidikan merupakan sarana untuk membentuk kepribadian seseorang. Salah satu masalahrnyang dihadapi dunia pendidikan adalah lemahnya proses pembelajaran yang dilaksanakan oleh guru.rnBerdasarkan data yang diperoleh dari guru kimia di SMA PGRI Kupang bahwa sebagian besar siswarnkelas X hasil belajar kimia rendah jauh dari ketuntasan yang telah ditetapkan, dimana standarrnketuntasan minimum individual yang ditetapkan oleh SMA PGRI Kupang. Metode pembelajaran yangrnsering dipakai oleh guru di SMA PGRI Kupang adalah metode ceramah. Untuk mengatasirnpermasalahan ini, diperlukan model pembelajaran yang tepat dan sesuai dengan karakteristik materirnyang diajarkan. Salah satu model pembelajaran yang bisa digunakan dalam proses pembelajaran adalahrnmodel pembelajaran langsung. Tujuan penelitian adalah Untuk mengetahui keefektifan penerapanrnmodel pembelajaran langsung untuk meningkatkan hasil belajar siswa materi pokok hukum-hukumrndasar kimia pada siswa kelas XA SMA PGRI Kupang tahun ajaran 2012/2013. Secara spesifik tujuanrnpenelitian dapat dibagi menjadi : (1) Mendeskripsikan kemampuan guru. (2) Mendeskripsikanrnketuntasan hasil belajar siswa. (3) Mendeskripsikan ketuntasan indikator.rnjenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif dengan teknik pengumpulan data yangrndigunakan adalah tes dan observasi. instrumen yang digunakan dalam teknik analisis data meliputi (1)rnlembar pengamatan pengelolaan pembelajaran yang menerapakan model pebelajaran langsung materirnpokok hokum-hukum dasar kimia. (2) tes hasil belajar siswa (THB produk).rn(3) lembar angket perencanaan dan evaluasi.rnHasil menunjukkan bahwa dengan menerapkan model pembelajaran langsung (1) kemampuanrnguru pada tahap perencanaan, pelaksanaaan, dan evaluasi adalah baik. (2) indikator hasil belajar dalamrnkegiatan pembelajaran di kelas dinyatakan tuntas. (3) hasil belajar siswa secara individu dinyatakanrntuntas. Dari hasil penelitian maka model pembelajaran langsung dapat diterapkan pada materi pokokrnhukum-hukum dasar kimia pada siswa kelas XA SMA PGRI Kupang.
Ketersediaan
| 17/13/KIP | Unika Widya MAndira | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - Tidak di pinjamkan |
Informasi Detil
| Judul Seri |
-
|
|---|---|
| No. Panggil |
Kim Dji e
|
| Penerbit | FKIP UNWIRA : Kupang., 2012 |
| Deskripsi Fisik |
xi, 102 p.: bibl.; 29 cm
|
| Bahasa |
Indonesia
|
| ISBN/ISSN |
-
|
| Klasifikasi |
KIM
|
| Tipe Isi |
-
|
| Tipe Media |
-
|
|---|---|
| Tipe Pembawa |
-
|
| Edisi |
-
|
| Subyek | |
| Info Detil Spesifik |
-
|
| Pernyataan Tanggungjawab |
-
|
Versi lain/terkait
Tidak tersedia versi lain






